Penyebab Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

0
mengatasi hp panas

Apakah hp yang anda gunakan sering mengalami panas dengan sendirinya? Masalah hp cepat panas tersebut memang sudah hal yang lumrah terjadi bagi setiap hp terutama ponsel dengan basis android. Biasanya panas tersebut muncul dari permukaan tempat mesin itu sendiri begitupun juga sering muncul dari sisi permukaan dalam baterainya.

Umumnya hp menjadi cepat panas biasanya terjadi disetiap hp dengan jenis android. Hp dengan basis android sendiri memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan hp jaman dulu. Namun dari beberapa keunggulan yang dimiliki hp dengan jenis android tersebut juga memiliki kelemahan yakni sering terjadi panas yang berlebihan.

Panas dalam hp bisa juga dikatakan dengan overheat sistem dari setiap hp tersebut. Biasanya hal tersebut terjadi karena kita dalam menggunakan hp tersebut terlalu over dan kita terus memaksakan ponsel tersebut untuk tetap dioperasikan.

Jika anda sudah mengalami hal diatas, segera hentikan pemakain dan pengoperasian yaa. Jangan paksakan hp android untuk terus digunakan agar kejadian yang tidak di inginkan itu dialami oleh ponsel tersebut.

Terus jika Hp yang kita gunakan sudah mengalami panas, apa penyebab, akibat, dan bagaimana cara mengatasinya?

Tenang, di artikel dibawah ini saya akan menjelaskan cara mengatasi hp cepat panas berdasarkan penyebab serta solusi permasalahan yang terbaik untuk hp yang sering mengalami panas.

Apa penyebab hp menjadi panas?

Hal-hal dibawah ini adalah beberapa faktor utama dan penyebab hp mengalami panas saat kita gunakan maupun saat tidak digunakan

1. Ada Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

hp cepat panas

Hp cepat panas umumnya dipengaruhi oleh hal ini. Yang dimaksud dengan berjalanya aplikasi di latar belakang adalah saat kita menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, kita tidak memberhentikan aplikasi tersebut dan tidak melakukan refresh aplikasi yang kita operasikan tadi.

Yang saya maksud aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut diantaranya saat kita menggunakan aplikasi facebook, Instagram, Whatsapp, dan aplikasi lainya namun tidak menghapus aplikasi tersebut dari daftar tab dari setiap perangkat hp android.

2. Tidak Melakukan Pembaruan Perangkat Dan Aplikasi

Jangan sepelekan dalam update dan pembaruan perangkat maupun aplikasi yaa. Pasalnya hal ini sering disepelekan oleh banyak pengguna smartphone android yang sering tidak peduli dengan masalah update.

Padahal aplikasi dan perangkat mendapat update pembaruan itu bertujuan untuk menyepurnakan sistem jalanya aplikasi saat digunakan agar menjadi lebih baik dan kompatibel dengan segala macam perangkat hp android.

3. Menghidupkan GPS/Lokasi

Jika fitur GPS pada smartphone android yang digunakan itu tidak terlalu penting, lebih baik dimatikan atau di off kan agar konsumsi baterai juga tidak terlalu berlebihan. Spesifiknya seperti ini, jika anda selalu menghidupkan GPS maka sama saja dengan sistem yang terus berjalan dilatar belakang android dan selalu mengolah kemanapun perangkat anda berada. Hal ini akan memacu hp cepat panas dan boros baterai.

4. Terlalu Lama Bermain Game

Siapa sih yang tidak suka bermain game? saya rasa kalian semua pasti suka dalam bermain game terbaik dari hp. Namun Hal ini juga menjadi salah satu penyebab hp cepat mengalami panas apalagi jika memainkan game berat seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legend dengan rentang waktu yang lama, Tak terbayangkan panasnya.

Mengapa bisa seperti itu, pada dasarnya game dari hp android itu berjalan dengan sistem yang sangat tinggi. Seperti hal nya dari sisi grafik dan frame rate, sehingga dengan penggunaan sistem game yang tinggi akan membuat pengolahan sistem dari android juga ikut tinggi. Akibatnya daya dari baterai android pun juga akan cepat terkuras dan terjadi pemborosan baterai.

5. Tidak Mematikan Fitur Mode Gaming

Akhir-akhir ini banyak diproduksi hp terbaru yang mempunyai fitur mode game baik dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan merek smartphone lain. Fitur tersebut disematkan ke dalam perangkat android yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain game agar hp tidak mengalami cepat panas, lag, bahkan lemot.

Prosesnya seperti ini, jika kita menghidupkan fitur mode game maka akan meningkatkan kinerja dari device prosesor CPU nya. Namun jika kita selesai bermain game tetapi tidak mematikan fitur dari mode gamenya, Yang terjadi fitur tersebut akan tetap berjalan di sistem kinerja android dan akan menyebabkan hp cepat panas dan baterai cepat habis.

6. Baterai Hp tidak Asli (Original)

Dengan menggunakan baterai hp yang tidak asli ini juga akan memacu panasnya mesin dari hp begitupun juga dari baterainya tersebut. Karena pada dasarnya setiap hp diproduksi itu sudah memiliki jenis dan ukuran baterai yang sudah di test oleh pabrikan agar selalu kompatibel dengan perangkat yang menggunakan.

Misal baterai hp android tersebut alinya berjenis Li-Ion, Namun yang terpasang di hp tersebut berjenis Li-Po. Yang pasti tidak ada kecocokan dengan sumber daya yang digunakan oleh sistem android sehingga baterai pun juga akan ikut panas.

Baca Juga: 10 Cara menghemat Baterai Android

7. Mengoperasikan Hp Saat Terkena Terik Matahari

Yang walaupun masih bisa dibilang hal mitos. Namun hal ini sedikit terbukti menjadi salah satu penyebab hp panas. Hp itu terdapat kandungan besi dan tembaga, jika kita menggunakan hp saat bekerja di jalanan dan terkena sinar matahari. Hal tersebut juga akan memacu timbulnya panas dari hp tersebut.

8. Sinyal Hp Jelek Dan Lemah

Saat hendak menggunakan hp entah bermain sosmed, chatingan, dan nonton video, disaat itu sinyal jaringan dari hp baru lemah atau terjadi susah sinyal dan tidak stabil. Hal tersebut juga akan membuat hp menjadi panas saat data internet hidup tanpa kita sadari.

Mengapa demikian, pada saat hp itu sedang menangkap dan mencari sinyal. Sistem android pun juga akan mengalami kenaikan ditambah lagi kita juga memaksa untuk tetap menggunakan hp tersebut maka hal panas pada hp sudah menjadi hal yang lumrah.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android

9. Menggunakan Hp Saat Proses Chargging

Ini nih yang sering kalian sepelekan termasuk dengan saya pribadi. Terkadang kita itu sering bahkan mungkin hampir setiap hari menggunakan hp android walau dalam keadaan di cas. Padahal penggunaan smartphone dalam proses charging itu sangat tidak baik bagi kesehatan baterai dari smartphone kita.

Dalam keadaan proses charging, namun hp masih tetap digunakan baik itu main game, chatting dengan pasangan, main instagram hal itu membuat baterai hp mengalami dimana kondisi arus masuk dan terbuang sehingga akan timbul over heating pada baterai dan mudah akan timbulnya panas.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas

10. Hp Terkena Virus Dan Malware

Hal yang terakhir penyebab hp panas adalah hp terinfeksi dengan virus dan malware. Mengapa hp yang kita gunakan bisa terkena virus dan malware? Biasanya hp cepat panas itu terinfeksi dari beberapa aplikasi tidak resmi yang di instal di dalam perangkat android.

Misal nya gini, anda menginstal aplikasi namun tidak dari toko Playstore. Yang terjadi karena aplikasi tersebut belum diakui oleh Playstore dan anda memaksakan untuk menginstal aplikasi tersebut kedalam hp yang anda gunakan. Maka aplikasi tersebut sangat rentan tersemat oleh virus dan malware yang dapat sedikit demi sedikit mempengaruhi kinera dari android.

Apa Akibat Jika Hp Android Panas?

Setelah kita bersama memgetahui penyebab dari hp yang cepat mengalami panas. Sekarang mari kita ketahui akibat yang bakal terjadi jika hp mengalami panas

  • Hp akan menjadi sangat lemot
  • Hp akan cepet mengalami boros baterai
  • Kinerja Hp akan menurun
  • Hp sering restart dengan sendirinya
  • Hp bisa hang atau eror
  • Aplikasi akan selalu keluar sendiri (force close)
  • Banyak aplikasi yang terhenti dan tidak bisa dijalankan
  • Hp bisa mengalami bootloop

Sudah tahu yaa beberapa hal yang mungkin bakal terjadi jika hp yang digunakan menglami over heat dan kepanasan. Saya sarankan hindari pemakaian secara berlebihan agar hp tidak mengalami panas dan hp tetap sehat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi Sering Keluar Sendiri

Bagaimana Cara Mengatasi Hp Cepat Panas?

tenang…

Jika hp yang anda gunakan sudah terlalu panas, berikut ini cara mengatasi hp yang mengalami panas berlebihan.

1. Refresh Hp Android Atau Clear Cache

Melakukan refresh hp android bisa mengatasi masalah panas dari hp yang digunakan. Cara refresh hp pun sangat mudah kok, Jika anda menggunakan hp samsung maka tinggal tekan dan tahan tombol home sampai melihat beberapa tab aplikasi yang baru saja digunakan. Nah selanjutnya anda tinggal hilangkan aplikasi yang berada di tab tersebut.

Untuk cara lainya, bisa dengan menggunakan widget pembersih atau wideget cache. Umumnya sekarang setiap hp berbasis android sudah tersedia widget cache yang berada pada menu dropdown dari nofikasi. atau anda juga bisa menggunakan aplikasi sperti Clean Master dan sejenisnya untuk melakukan refresh hp.

2. Kurangin Penggunaan Multitasking

Terkadang kita dalam menggunakan hp android itu sering bolak balik kesana kemari dari aplikasi A ke Aplikasi B. Nah agar hp kembali adem, kurangin proses multitasking seperti ini dengan menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini terlihat sepele namun manfaatnya sangat luar biasa untuk mempertahankan stabilitas kinerja dari android.

3. Matikan GPS/Lokasi

Ini salah satu trik mujarab dalam mengatasi hp yang panas. Cara mematikanya pun cukup mudah, tinggal tarik kebawah menu notifikasi, cari menu GPS/Lokasi dan klik untuk mematikanya.

4. Jangan Terlalu Lama Bermain Game

Memang bermain game itu mengasikan, namun jika dalam memainkan game dari hp kita itu terlalu lama dan ponsel sudah mengalami panas. Segera hentikan pemainan agar hp tidak mengalami panas yang berlebihan dan over heating. Sesekali bisa berhenti terlebih dahulu untuk mendinginkan hp sementara waktu, setelah hp sudah terasa adem baru lanjut bermain game lagi.

Baca Juga: Cara Agar Hp Tidak Lag Saat Bermain Game

5. Instal Aplikasi Anti Virus

Saat ini sudah banyak hp android yang sudah ada aplikasi bawaan yang berfungsi sebagai anti virus dan malware. Jika di hp yang anda gunakan tidak tersedia aplikasi bawaan seperti ini, maka anda bisa menginstal aplikasi anti virus dari Playstore.

6. Restart Hp Atau Matikan Hp

Saat hp anda masih terasa kepanasan walaupun sudah membersihkan cache dan menghentikan semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Segera mungkin untuk melakukan restart Hp atau mematikan hp sementara waktu adalah solusi terbaik agar hp yang panas bisa cepat adem.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pendingin Hp Terbaik

7. Jangan Gunakan Hp Saat dalam Proses Charging

Hal panas pada hp yang sering kali terjadi itu dikarenakan pengunaan dan pengoperasian hp pada saat lagi isi daya baterai. Dari saat membeli hp baru pun sudah tertera di dalam buku panduan bahwa tidak dianjurkan untuk menggunakan hp dalam keadaan di cas atau dalam proses charging.

langkah yang benar dalam menjaga hp agar tidak sering muncul panas adalah matikan hp saat proses charging. Hal tersebut pun juga bakal menjaga kesehatan umur dari baterai itu sendiri agar selalu awet dan tidak mudah panas.

Baca Juga: Inilah Trik Tersembunyi Yang Dapat Dilakukan Di Hp Android

Kesimpulan

Untuk selalu menjaga dari kinerja dan kesehatan hp serta baterai agar selalu awet, panjang umur dan tidak mudah mengalami kepanasan. 7 Hal diatas harus diterapkan dalam penggunaan setiap smartphone android. Jika kita menjalankan poin-poin perihal mengatasi masalah hp panas diatas, bakal membuat hp dan baterai yang kita gunakan menjadi awet dan tahan lama karena tidak selalu sering mengalami over heat.