Tips Menggunakan SmartPhone Untuk Pengguna Baru

0
77
tips menggunakan smartphone bagi pengguna baru

Pada artikel kali ini, kita akan menulis tentang tips menggunakan SmartPhone untuk pengguna baru. Memang hal ini kelihatannya sederhana, tapi ternyata banyak sekali para pengguna yang tidak tahu harus memulainya dari mana. Pada awal memiliki ponsel, kita mungkin hanya akan memasukan sim card dan mulai menggunakannya. Tetapi, lebih baik luangkan waktu sebentar, supaya fungsi ponsel kamu bisa dimanfaatkan dengan maksimal pada hari-hari selanjutnya ke depan.

Semua ponsel yang dijual, tentu akan menggunakan pengaturan-pengaturan awal dari pabrikan. Misalnya, jika kita membeli ponsel dengan dua simcard, kemudian kita menginginkan simcard kedua yang digunakan untuk koneksi internet, tapi ternyata setingan dari pabriknya menggunakan simcard pertama. Tentu hal ini menjadi masalah, karena pulsa yang ada di simcard pertama akan tersedot.

tips menggunakan smartphone bagi pengguna baru

Inilah Beberapa Tips Menggunakan SmartPhone Untuk Pengguna Baru

  • Lakukan Kustomisasi/Personalisasi Tampilan Awal
    Kustomisasi atau personalisasi tampilan awal adalah ide yang bagus untuk dilakukan di awal. Hal ini untuk menunjukan ponsel tersebut memang punya kamu. Lakukan pengaturan wallpaper, nada dering, pengaturan alarm, agenda dan pengaturan-pengaturan yang sifatnya pribadi. Jadi, ketika ada orang yang melihat ponsel kamu, mereka bisa tahu bahwa itu milik kamu.
  • Instal Aplikasi
    Sebelumnya, kita memang akan dibekali oleh aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah terinstal di ponsel kita. Nah, sebelum penggunaan lebih lanjut, kamu bisa menyusun kira-kira apa saja aplikasi yang akan kamu butuhkan. Setelah itu kamu dapat menginstal berbagai aplikasi yang nantinya akan menjadi kebutuhan kamu. Misalnya, untuk aplikasi pengirim pesan, kamu butuh WhatsApp dan Telegram, kemudian untuk aplikasi sosial media kamu butuh Facebook dan Instagram.
  • Pahami Penggunaan Data
    Sebelum menggunakan ponsel lebih jauh, Anda harus terlebih dahulu pahami penggunaan data internet Anda. Cari tahu, apakah aplikasi Anda mengharuskan mempunyai koneksi internet atau tidak. Jika aplikasi tersebut mengharuskan kamu memiliki koneksi internet, maka pertimbangkan kegunaanya. Jika memang tidak terlalu berguna, sebaiknya tidak dipasang saja. Sering terjadi kasus, seseorang kehilangan data internetnya dalam jumlah besar, padahal dia tidak berselancar di internet. Ternyata, ada aplikasi yang dia tidak sadari menyedot peket data yang ia miliki.
  • Manfaatkan Penghemat Baterai
    Baterai yang boros seringkali menjadi masalah yang sulit terpecahkan bagi pengguna baru. Supaya lebih efektif dan efisien dalam penggunaan baterai, kamu harus menggunakan penghemat baterai bawaan pada perangkat. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat baterai hingga 20 persen. Selain itu, untuk menghemat baterai, kamu bisa mematikan beberapa fitur ponsel yang memang tidak digunakan. Contohnya, kamu bisa mematikan bluetooth jika tidak digunakan. Untuk memahami lebih jauh cara menghemat baterai, kamu bisa klik di sini.
  • Setting Backup Data
    Ponsel terkadang mengalami kerusakan, atau tidak sengaja data-data yang ada di dalamnya terhapus. Pastinya, di dalam ponsel tersebut banyak data-data yang sifatnya sangat penting. Oleh karena itu, harus disediakan sistem pencadangan data yang memungkinkan Anda bisa memulihkan data kembali ketika terjadi masalah. Untuk pengguna Xiami, Anda bisa memanfaatkan fitur Mi Cloud secara maksimal. Untuk ponsel lain yang belum didukung dengan sistem pencadangan data, Anda bisa menggunakan sistem penyimpanan dari pihak ketiga.
  • Ponsel Bisa Dijadikan Hub Hotspot
    Ponsel Anda bisa digunakan menjadi alat hub untuk koneksi hingga 10 perangkat. Jadi, Anda tidak harus lagi menggunakan modem terpisah untuk dijadikan perangkat koneksi bagi laptop Anda. Selain bisa dihubungkan dengan laptop, Anda juga bisa menggunakannya untuk perangkat lainnya seperti console game dan yang lainnya. Tapi ingat, Anda mungkin harus memilih paket data yang murah dengan kuota yang banyak.
  • Manfaat Fitur Find My Device
    Kini, SmartPhone semakin canggih, karena mempunyai fitur Find My Device. Sehingga, jika ponsel kita hilang, maka akan dapat dengan mudah untuk dilacak. Untuk menggunakan fitur ini di ponsel Android, inilah beberapa hal yang harus Anda pastikan :
    – Perangkat harus dalam keadaan menyala
    – Perangkat harus login ke akun Google
    – Perangkat dapat terlihat di Google Play
    – Perangkat terhubung dengan data atau Wi-Fi
    – Mengaktifkan lokasi/GPS
    – Mengaktifkan fitur temukan perangkat saya/find my device

Itulah beberapa tips menggunakan smartphone bagi pengguna baru.

Tinggalkan Balasan