5 Kelebihan Dan Kekurangan WhatsApp

0
62

Kali ini kami akan mengulas tentang apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan WhatsApp. Kita tahu bahwasanya WhatsApp merupakan salah satu aplikasi terbaik 2019 yang wajib diinstall oleh para pengguna android maupun juga iOS. Aplikasi ini sudah banyak digunakan dan bahkan telah mengalahkan BBM yang pada waktu itu juga sempat menjadi aplikasi terbaik.

Dengan ketiadaan BBM, pengguna WhatsApp semakin membludak. Tampilan yang menarik, kemudahan chatting, dan ditambah dengan berbagai macam fitur menarik membuat WhatsApp semakin banyak digunakan. Aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai macam fitur seperti story seperti yang dimiliki oleh Instagram

Dengan fitur tersebut, anda bisa membuat tulisan atau video yang isinya tentang kegiatan maupun tentang apa yang anda rasain. Tercatat bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak di download di Play Store.

Kelebihan Dan Kekurangan WhatsApp

Lalu apa sebenarnya yang menjadi kelebihan dan kekurangan WhatsApp? Simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini.

Kelebihan WhatsApp

1. Otomatis melakukan sinkronisasi

Salah satu yang menjadi kelebihan WhatsApp adalah seluruh kontak yang ada di hp android anda akan otomatis melakukan sinkronisasi. Dengan kelebihan ini, maka anda sudah tidak perlu bersusah payah untuk mensinkronkan kontak baru anda ketika anda ingin mengirimkan sebuah pesan kepadanya. 

Yang perlu anda lakukan yaitu dengan cukup membuka bagian chatting dan langsung cari nomor yang ingin anda kirimi pesan. Kehadiran fitur otomatis sinkronisasi inilah yang menjadikan penggunaan WhatsApp menjadi lebih efisien karena akan menghemat waktu anda. Bayangkan saja jika ternyata anda harus mensinkronkan satu persatu, sudah tentu akan memakan waktu yang lama.

2. Mudah digunakan

Kelebihan kedua yang juga dimiliki oleh WhatsApp adalah aplikasi ini mudah digunakan. WhatsApp memiliki tampilan yang menarik dan sederhana, meskipun nanti anda akan diberikan kemudahan dan keleluasaan di dalam mengganti background. Selain itu, ketika anda selesai menginstallnya, anda hanya diminta untuk memasukkan nommor telepon yang akan anda gunakan.

Selain itu, hp yang bisa digunakan atau support dengan WhatsApp bukan hanya hp merk tertentu saja, melainkan hampir semua tipe hp yang ada di dunia ini sudah bisa menggunakan WhatsApp. Bahkan, jamannya sistem operasi symbian pun dulu juga bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. 

3. Kustumisasi mudah dilakukan

Perlu anda tahu bahwa WhatsApp merupakan aplikasi berbasis open-source dimana para penggunanya diberikan kemudahan dan kebebasan untuk melakukan kostumisasi terhadap apa saja yang ada di dalam aplikasi ini. Fitur kostumisasi yang sudah disematkan memberikan kemudahan para pengguna di dalam pergantian profil, status profil, perubahan backgroun, dan bahkan memberikan kemudahan di dalam memblokir nomor.

Hampir semua hal yang anda inginkan bisa dengan mudah dilakukan di WhatsApp. Selain itu, jika anda mengunduh tema tertentu, maka nanti biasanya aplikasi WhatsApp ini juga akan berganti background dan tipe huruf secara otomatis.

4. Bisa back up chat

Jika anda tidak ingin kehilangan isi pesan dari orang yang anda sayang, maka anda bisa memanfaatkan salah satu fitur yang dimiliki oleh WhatsApp yakni back up chat. Fitur ini bisa anda tentukan apakah anda ingin mem-back up percakapan mingguan atau bulanan dan bahkan tahunan tergantung selera anda. 

Biasanya, WhatsApp akan memberikan notifikasi apakah pengguna mau mem-back up percakapan atau tidak. Jika anda tidak ingin melakukan back up, maka anda tinggal menonaktifkan fitur yang satu ini.

5. Terdapat fitur stories

Nah, mungkin fitur ini yang paling sering digunakan dibandingkan dengan fitur lainnya yang dimiliki oleh WhatsApp. Sama halnya dengan Instagram dan Facebook, WhatsApp juga telah dilengkapi dengan fitur stories. Di sini anda bisa mengupload tulisan, foto, maupun juga video yang anda inginkan.

Ditambah dengan hadirnya beberapa fitur pada stories ini akan semakin memudahkan anda ketika menggunakannya. Anda juga bisa membatasi siapa saja pengguna yang bisa anda tidak bisa melihat status anda.

Kekurangan WhatsApp

1. Emoticon yang kurang menarik

Tidak bisa dipungkiri bahwa emoticon yang ada di WhatsApp kurang menarik jika dibandingkan aplikasi chatting lainnya seperti Line dan Telegram. Menurut beberapa orang, WhatsApp cenderung menghadirkan fitur yang terbilang kaku dan kurang ekspresif.

Namun, dengan semakin berkembangnya fitur WhatsApp, maka sudah hadir berbagai tambahan fitur yang memang bisa dikatakan sebagai jawaban atas kritikan yang ada. Emoticon yang semakin bertambah banyak, ditambah dengan hadirnya animasi dan sticker yang membuat aplikasi ini terlihat semakin lengkap.

2. Sering minta update

Hal lain yang menjadi kekurangan dari WhatsApp adalah aplikasi ini tidak jarang meminta update. Memang, setiap aplikasi harus diminta untuk diperbarui secara berkala. Tujuannya untuk meningkatkan performa dan menghilangkan bug yang ada pada aplikasi tersebut.

Namun, WhatsApp sering meminta update yang tentunya akan membuat jengkel mereka yang tidak memiliki hp dengan kapsitas memori internal yang besar.

3. Volume data yang cukup besar

Tidak bisa kita pungkiri bahwa WhatsApp telah menghadirkan berbagai macam fitur yang sangat manarik. Namun, hal ini juga diimbangi dengan volume data yang cukup besar dan semakin besar seiring dengan update yang dilakukan. Selain itu, jika anda sering melakukan chatting atau mendownload gambar maupun video, maka otomatis kuota anda akan cepat habis.

Maka dari itu, anda harus menonaktifkan fitur download otomatis agar hal ini tidak terjadi.

Demikian penjelasan kami seputar kelebihan dan kekurangan WhatsApp. Di bawah ini beberapa kekurangan lain yang dimiliki oleh WhatsApp, yaitu:

  • Aplikasi WhatsApp terkesan kurang private
  • Terkadang WhatsApp terdapat bug

Tinggalkan Balasan