10 Cara Untuk Menghemat Baterai di Ponsel Android

0
cara menghemat baterai di ponsel Android
image : betanews.com

Baterai yang boros adalah salah satu permasalahan yang sering ditemui pada pengguna smartphone. Terkadang, kita agak kesulitan jika sedang di luar, kita menemukan ponsel kita kehabisan baterai, padahal kita tidak bisa menemukan instalasi listrik. Nah, pada artikel kali ini, PonselCommunity mau berbagai ke kamu gimana caranya biar baterai bisa jauh lebih hemat.

cara menghemat baterai di ponsel Android
image : betanews.com

Inilah Cara Menghemat Baterai di Ponsel Android Yang Bisa Kamu Lakukan

  1. Jangan Menutup Aplikasi Yang Sering Dibuka
    Menutup semua aplikasi sering direkomendasikan sebagai salah satu cara untuk menghemat baterai, dan cara ini begitu populer. Memang, secara logika ketika kita menutup aplikasi, maka akan membuat baterai jauh lebih hemat. Namun kamu harus tahu, ponsel mempunyai kemampuan menyimpan aplikasi di belakang layar, sehingga tidak banyak memakan energi baterai. Jika kamu membukanya kemudian, maka tidak terlalu banyak energi baterai yang digunakan. Berbeda ketika aplikasi itu kamu buka lagi dari awal setiap akan digunakan, maka baterai yang dipakai cukup besar. Hal ini sama seperti kamu mematikan mesin mobil kamu setiap berhenti di lampu merah.
  2. Hentikan Pemberitahuan Untuk Kebanyakan Aplikasi
    Pemberitahuan di ponsel tidak hanya muncul untuk aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk berkirim pesan, seperti WhatsApp dan Messenger. Banyak aplikasi yang pemberitahuannya tidak kita butuhkan, namun tetap saja ia muncul. Nah, salah satu cara untuk menghemat baterai di Android Anda adalah dengan mematikan pemberitahuan-pemberitahuan tidak penting. Caranya berikut ini
    Masuk ke Setting > Sound & Notification > App Notifications
  3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
    Aplikasi jika tidak digunakan memang tidak akan menggunakan energi baterai. Masalahnya, aplikasi yang sangat jarang digunakan ini kita buka, karena lupa. Setelah itu, berjalan dengan sendirinya di belakang layar dan menghabiskan baterai. Memang tidak harus Anda hapus, hanya perlu Anda hentikan saja pengoperasiannya. Namun, jika tidak digunakan lebih baik dihapus saja. Selain itu lebih aman, tapi bisa menghemat media penyimpanan juga. Caranya
    Masuk ke Settting > Apps.
  4. Matikan GPS
    GPS akan mendeteksi perangkat kita sedang berada di mana. Selain hal tersebut akan menggunakan data internet secara kontinyu, GPS juga akan menyedot energi baterai. Untuk itu, jika memang kita sedang tidak membutuhkan fungsi dari perangkat GPS, sebaiknya dimatikan. Kecuali, jika Anda sedang melakukan perjalanan dan membutuhkan petunjuk dari Google Maps.
  5. Turunkan Tingkat Kecerahan
    Smartphone mempunyai opsi kecerahan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Maksimalkan penggunaan opsi ini. Coba Anda perkecil kecerahan dari ponsel Anda, jika memang tidak dibutuhkan pencahayaan yang lebih dari biasanya. Selain itu, jika Anda mengatur untuk kecerahan otomatis, maka sebaiknya dimatikan.
  6. Matikan Getar
    Cara menghemat baterai selanjutnya adalah dengan mematikan opsi getar. Jadi kan tiap ada panggilan atau pesan masuk, selalu ada terasa getar. Nah, sebaiknya dimatikan karena bisa menghemat baterai. Kecuali, jika ponsel kamu di-silent, maka kamu bisa menggunakan mode getar sebagai penanda notifikasi.
  7. Matikan Bluetooth
    Beruntung bagi ponsel-ponsel yang sekarang sangat canggih, karena fitur bluetooth akan mati secara otomatis apabila tidak digunakan. Namun, jika ponsel kamu belum bisa mematikan bluetooth secara otomatis, maka kamu harus segera mematikannya setelah digunakan. Terkadang, ada orang yang lupa bluetoothnya nyala terus-menerus, karena ia lupa. Hal ini dapat menjadikan baterai boros.
  8. Gunakan Background Gelap
    Ketika kita menggunakan background yang berwarna-warni, maka untuk menampilkan warna tersebut membutuhkan cahaya berlebih. Akhirnya, hal ini berimbas pada konsumsi beterai pada ponsel tersebut. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan background berwarna hitam atau didominasi dengan warna-warna gelap.
  9. Gunakan Mode Hemat Beterai
    Pada beberapa smartphone, telah menyertakan mode hemat baterai. Fitur ini dikatakan mampu untuk menghemat baterai hingga 20%. Anda bisa memaksimalkan penggunakan mode hemat baterai ini. Mungkin Anda bisa menggunakannya pada pemakian sehari-hari, kecuali pada saat yang mengharuskan ponsel Anda aktif semua fiturnya. Pada saat mode hemat baterai ini digunakan, kemungkinan beberapa fitur ponsel tidak berfungsi.
  10. Airplane Mode
    Nah, cara terakhir yang bisa membuat ponsel kamu hemat baterai adalah dengan menghidupnya airplane mode. Tentu saja cara ini bisa menghemat baterai kamu, karena mematikan fungsi dari simcard. Namun, kamu tidak bisa menggunakan ponsel untuk telepon dan SMS. Cara ini cocok digunakan untuk menghemat baterai, ketika kamu tidur.

Tinggalkan Balasan