Apakah anda tahu bagaimana cara merawat baterai tanam hp android dan iPhone? Saat ini, penggunaan android maupun juga iPhone sudah merajalela. Anda cenderung akan kesulitan menemukan orang yang tidak menggunakan android atau iPhone. Khusus untuk android, tipe hp yang satu ini memang banyak diminati masyarakat.

Alasannya adalah karena harganya yang lumayan murah. Tidak heran jika hp android banyak digunakan oleh hampir semua kalangan masyarakat. Selain itu, salah satu teknologi yang digunakan oleh hp android maupun juga iPhone adalah teknologi baterai tanam. Baterai tanam atau unremoveable batteray hampir digunakan oleh semua tipe hp keluaran sekarang, seperti Samsung Galaxy A9.

Memang ada beberapa kunggulan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan baterai tanam. Namun, anda juga harus tahu tentang bagaimana cara merawat baterai tanam hp android. Hal ini bertujuan agar baterai anda bisa bertahan lama karena biaya memperbaikinya lebih mahal.

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 1

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk merawat baterai tanam android anda. Cara-cara tersebut bahkan ada yang terkesan sederhana yang merupakan sebuah kebiasaan. Oke langsung saja simak baik-baik di bawah ini:

1. Gunakan charger orisinil

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 2

Cara merawat baterai tanam hp android yang pertama adalah anda harus benar-benar menggunakan charger asli. Maksudnya adalah, anda jangan pernah menggunakan charger yang bukan anda dapatkan ketika membeli hp. Menggunakna charger secara sembarangan lama kelamaan bisa membuat baterai menjadi cepat rusak.

Selain itu, alasan mengapa anda harus menggunakan charger orisinil adalah karena sebelumnya sudah melalui tahap pengetesan. Charger asli juga sudah memiliki spesifikasi yang benar-benar sudah pas karena disesuaikan dengan hp anda.

Jika charger asli anda sudah rusak, maka kami sarankan supaya anda membeli yang asli juga. Memang, harga yang harus anda keluarkan lebih mahal. Namun tidak sebanding dengan resiko yang akan anda dapatkan ketika menggunakan charger tidak asli.

2. Jangan menggunakan sampai 0 persen

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 3

Cara kedua yang harus anda lakukan untuk merawat baterai tanam anda adalah dengan segera mengecasnya ketika sudah ada pemberitahuan low batteray. Jangan pernah menggunakan hp android sampai baterainya benar-benar habis. Jika anda terbiasa melakukan hal seperti ini, maka baterai tanam anda akan cepat rusak dan melembung.

Hal ini dikarenakan kemampuan penyimpanan daya yang ada pada baterai semakin menurun. Salah satu kondisi awal dari kebiasaan anda tersebut adalah baterai anda akan cepat habis. Untuk kasus yang lebih parah malah tidak bisa dicas sama sekali. Pada akhirnya, anda harus membeli baterai baru dan harus mengeluarkan uang lebih banyak. 

3. Jangan mengisi sampai overcharge

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 4

Cara merawat batarai tanam hp android yang ketiga adalah jangan sampai anda tetap mengecas hp anda padahal sudah 100 persen. Mengisi dalam kondisi overcharge memang sangat tidak dianjurkan. Hal ini berpotensi merusak kemampuan baterai anda di dalam menyimpan daya.

Selain itu, kebiasaan ini juga membuat akan membuat baterai anda cepat panas sehingga akan membuat anda harus membeli baterai baru lagi. Membiasakan diri untuk tidak sampai mengisi baterai melebihi kapasitas juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengehemat baterai di ponsel.

Bahkan, ada beberapa kasus yang membuktikan bahwa ketika anda mengecas hp terlalu lama malah bisa meledak. Hal ini disebabkan karena kondisi baterai yang semakin panas dan handphone sudah tidak kuat menahan panas. Pada akhirnya akan meledak dan dapat merugikan diri anda maupun orang lain.

4. Jangan mengisi baterai di mobil

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 5

Cara lain yang juga bisa anda terapkan untuk menghemat penggunaan baterai tanam adalah jangan mengisinya di mobil. Saat ini memang menjadi sebuah kebiasaan bahwa mengisi baterai hp android bisa dilakukan di mobil maupun motor. Namun hal tersebut bisa menyebabkan kondisi baterai tanam semakin lama semakin menurun.

Mengisi baterai dengan menggunakan aki akan menyebabkan kondisi yang tidak stabil. Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya lonjakan listrik. Hal ini menyebabkan gangguan pada sel-sel yang ada dalam baterai. Meskipun sederhana, namun kebiasaan mengisi baterai dalam mobil bisa menjadi salah satu alasan mengapa baterai anda melembung dan cepat habis.

5. Jangan gunakan hp ketika dicharge

Cara Merawat Baterai Tanam Hp Android 6

Cara merawat baterai tanam hp android yang terakhir adalah anda dilarang menggunakan hp ketika dicharge. Tidak sedikit para pengguna hp yang malah menggunakan hp androidnya tersebut untuk membuka media sosial atau bahkan bermain game. Padahal, kebiasaan ini justru hanya akan merusak kualitas baterai tanam.

Jika anda perhatikan, ketika anda menggunakan baterai ketika dicharge akan menyebabkan hp android anda cepat panas. Jika sudah seperti ini, bukan tidak mungkin untuk kasus yang paling parah bisa menyebabkan baterai meledak.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara merawat baterai tanam hp android. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here