Smartphone android anda akan semakin canggih jika anda mempelajari tentang bagaimana cara menghubungkan android ke USB OTG yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini. Memang ada berbagai macam fungsi USB OTG yang mungkin banyak dari anda belum mengetahuinya.

USB OTG atau yang merupakan singkatan dari Universial Serial Bus On The Go akan memudahkan anda ketika ingin menghubungkan smartphone yang anda miliki dengan berbagai macam perangkat luar atau eksternal yang ada.

Memang ada beberapa smartphone yang sedari awal sudah support ke USB OTG, namun tidak sedikit juga smartphone yang harus dilakukan beberapa cara agar supaya terkoneksi dengan USB OTG. Dan karena itulah kami memberikan penjelasan tentang cara menghubungkan android ke USB OTG untuk anda.

Cara Menghubungkan Android Ke USB OTG

2 Cara Menghubungkan Android Ke USB OTG Tanpa Root 1

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membuat smartphone android anda agar bisa support dengan USB OTG. Namun sebelum masuk ke pembahasan kita, kami ingin memberikan penjelasan kepada anda seputar launcher android terbaik 2019 dan juga apliksai VPN terbaik android.

1. Cara pertama 

Cara mengubungkan android ke USB OTG yang akan kami jelaskan kali ini tidak menggunakan root. Dengan kata lain, anda tidak perlu repot-repot melakukan root terhadap smartphone anda agar bisa support dengan USB OTG.

Adapun cara yang harus anda lakukan akan kami jelaskan lebih lengkap di bawah ini:

  • Pertama, anda harus mendownload aplikasi USB Helper melalui Google PlayStore. Anda jangan khawatir karena aplikasi tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis.
  • Kedua, anda juga harus mendownload sebuah aplikasi yang bernama Es File Explorer. Adapun fungsi dari aplikasi yang satu ini adalah untuk menghubungkan smartphone anda dengan perangkat eksternal yang mana ia berupa media penyimpanan, seperti flashdisk maupun juga hardisk.
  • Ketiga, setelah anda menginstall dua aplikasi tersebut, maka anda hanya perlu mengubungkan kabel USB OTG ke smartphone anda dan juga ke perangkat yang ingin anda hubungkan atau koneksikan.
  • Keempat, anda nanti akan mendapatkan sebuah notifikasi bertuliskan USB Storage has been connected.
  • Kelima, jika media eksternal yang anda hubungkan merupakan media penyimpanan, maka anda bisa mulai membuka aplikasi Es File Explorer yang sudah anda download sebelumnya. Pilih Lokal dan masuk ke USB Drive A.

[AdSense-C]

  • Keenam, jika ternyata perangkat ekternal yang ingin anda sambungkan bukan berupa media penyimpanan, melainkan perangkat lain seperti mouse atau joystick, biasanya anda akan mengalami permasalahan dimana notifikasi USB Storage has been connected tidak muncul.
  • Ketujuh, untuk menyelesaikannya, maka anda bisa mendownload sebuah aplikasi yang bernama Stickmount. Anda kemudian harus memilih pilihan Mount dan kemudian mulailah mencolokkan kabel OTG ke smartphone anda.
  • Kedelapan, pada tahap ini seharusnya notifikasi sudah muncul dan perangkat eksternal anda sudah bisa digunakan.

2. Cara Kedua

2 Cara Menghubungkan Android Ke USB OTG Tanpa Root 2

Jika cara pertama belum menunjukkan hasil yang memuaskan alias gagal, maka kami sarankan agar anda mulai menggunakan cara menghubungkan smartphone ke USB OTG yang kedua dan akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama, anda harus menginstall aplikasi bernama USB OTG Helper yang bisa anda dapatkan secara gratis di Google PlayStore.
  • Kedua, anda harus menghubungkan kabel USB OTG ke smartphone android anda yang sudah terinstall aplikasi di cara pertama tadi.
  • Ketiga, sambungkan kabel USB OTG ke perangkat yang ingin anda hubungkan, seperti flashdisk, joystick, maupun juga hardisk.
  • Keempat, anda harus membuka Root Explore dan mulailah untuk mencari file usbid_init.sh yang biasanya sudah anda temukan pada salah satu folder yang ada di sana. File ini berfungsi untuk mengaktifkan mode OTG alias membuat OTG menjadi on.
  • Kelima, setelah anda selesai menemukan file sh, maka anda harus mengklik dan pilihlah Execute yang nantinya anda akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi USB OTG Helper. Anda hanya perlu mengklik OK.
  • Keenam, anda harus memilih Mount agar supaya smartphone anda bisa terhubung dengan perangkat eksternal yang ingin anda koneksikan.
  • Ketujuh, jika nantinya anda sudah menemukan notifikasi icon aplikasi, maka hal ini berarti smartphone anda sudah terkoneksi dengan perangkat eksternal tersebut.

Lantas bagaimana jika ternyata perangkat yang ingin kita koneksikan tersebut berupa media penyimpanan? Maka yang harus anda lakukan adalah dengan melihat pada bagian File Manager dan lalu anda bisa memilih UsbOtgDrives. Pada folder inilah nantinya anda bisa melihat semua media penyimpanan anda.

Namun, jika ternyata perangkat yang ingin anda hubungkan bukan termasuk media penyimpanan, maka anda sudah tidak harus masuk ke File Manager. Selain itu, jika anda selesai menghubungkan smartphone ke OTG, maka jangan langsung dicabut, melainkan anda harus memilih Unmount.

Demikian penjelasan kami tentang bagaimana cara menghubungkan android ke USB OTG. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here