cara agar baterai hp awet

Baterai android anda boros dan cepat panas, baterai tidak awet dan tidak bisa tahan lama, cepat habis setelah di root atau malah sudah drop dan bocor? berikut ini tips cara menghemat baterai hp android.

inilah salah satu kekurangan dari smartphone berbasis android yang sering diungkapkan oleh para penggunanya. Oleh sebab itu kebanyakan dari mereka para pengguna android sering mengeluh karena mengalami baterai ponselnya cepat habis saat ditengah-tengah pemakaian dan mengeluh karena baterai sangat boros dan tidak awet.

Kadang ada juga yang mengeluh baterai hp cepat habis padahal masih baru. Semua sih tergantung dari pemakaian penggunanya itu sendiri.

Oke lanjut ke uraian berikutnya, saya akan menjelaskan cara hemat baterai agar awet dan tidak boros di android, dan saya juga akan jelaskan penyebab baterai hp boros beserta solusinya.

Daftar isi

Penyebab baterai hp android boros dan cepat habis

1) Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Saya harap anda sudah paham dengan bagaimana maksud dari aplikasi berjalan dilatar belakang. Contohnya gini, anda sedang bermain sebuah game lalu anda keluar dengan menekan tombol home atau sekedar berpindah ke aplikasi lain, jika tidak anda refresh, secara tidak langsung game yang tadinya anda mainkan akan tetap berjalan di sistem latar belakang smartphone anda.

Jika anda sering melakukan tindakan seperti ini maka anda harus menyediakan widget pembersih cache ram, seperti contoh widget pembersih yang ada di aplikasi clean master, manfaat widget ini adalah dapat menghentikan aplikasi yang menghabiskan baterai dan yang sedang berjalan di latar belakang.

Sudah paham ya dengan maksud dari aplikasi yang berjalan dilatar belakang, oke lanjut ke penyebab baterai boros poin 2.

2) Tingkat kecerahan layar sangat tinggi

Banyak pengguna android yang sering menyepelekan dengan tingkat kecerahan layar pada android, padahal inilah salah satu penyebab dari borosnya baterai android, solusi agar baterai android anda awet dan tahan lama minimalkan tingkat kecerahan layar terutama saat pemakaian sewaktu malam hari.

3) Terlalu banyak widget terpasang di home screen

Widget memang sangat penting untuk digunakan pada ponsel android, seperti contoh widget kolom kotak search google, cuaca, dll. Dengan memasang widget aplikasi di home screen maka penggunaan akan lebih cepat dan efisien.

Tetapi kebanyakan widget yang terpasang di home screen juga dapat mempengaruhi penggunaan baterai android, oleh sebab itu pasang saja widget secukupnya sesuai kebutuhan anda. Seperti contoh widget pembersih cache ataupun widget lainya yang dapat meningkatkan peforma android

4) Mode hemat baterai atau saving mode tidak dihidupkan.

Jika anda menginginkan baterai android lebih hemat,awet, dan tahan lama anda harus selalu menghidupkan mode saving atau hemat baterai. Anda bisa mengatur mode ini masuk ke “pengaturan/setelan lalu masuk ke menu baterai&peforma”.

Jika di smartphone android anda tidak ada pengaturan ini, anda bisa memakai aplikasi penghemat baterai android, seperti DU Baterai Saver atau bisa juga memakai aplikasi Clean Master.

5) Sinkronisasi akun dalam keadaan hidup

Menghidupkan sinkronisasi akun email/gmail memang sangat penting bagi penggunaan android setiap hari. Tetapi jika anda tidak terlalu mementingkan penggunaan akun seperti pemberitahuan lewat email/gmail lebih baik matikan sinkronisasi agar baterai android anda tetap awet dan tahan lama. Anda bisa mengatur pengaturan ini dengan masuk ke “pengaturan/setelan lalu masuk ke pengaturan sync/sinkronisasi.

6) GPS dalam keadaan hidup

Saya rasa menghidupkan GPS di android tidak sangat penting dalam penggunaan android sehari-hari, ternyata masih banyak para pengguna android yang sering menghidupkan GPS tanpa mengerti fungsi dan manfaat sebenarnya.

Padahal jika GPS dalam keadaan hidup, sewaktu hp android anda tidak dipergunakan atau dalam keadaan shutdown/mati GPS tetap menggunakan daya baterai android, alhasil sedikit demi sedikit baterai android anda akan terkuras walaupun dalam keadaan mati.
Maka jika baterai anda ingin lebih hemat dan irit matikan saja fitur GPS ini.

7) Memakai gambar tampilan live walpaper
Memakai gambar tampilan dengan live walpaper memang sangat keren dilihat, begitupun juga akan memperindah tampilan gambar home screen android, tetapi menggunakan live walpaper sebenarnya malah akan menguras daya baterai smartphone anda.

Jadi jika anda menginginkan agar baterai tidak cepat habis anda harus menggunakan walpaper yang biasa saja, terutama memakai walpaper dengan tingkat warna yang minim, atau bisa memakai walpaper original yang sudah berada di ponsel Android anda.

8) Notifikasi aplikasi dalam keadaan hidup

Paham dengan notifikasi aplikasi? Banyak pengguna android yang sering mengaktifkan fitur notifikasi aplikasi padahal fitur ini jelas mempengaruhi daya tahan baterai dan peforma android.

Notifikasi yang dimaksud seperti notifikasi pemberitahuannya dari Facebook,Instagram, whatsapp, berita dari UC browser, dan lain lain. Notifikasi seperti ini jelas menguras daya tahan baterai. Jadi jika anda menginginkan baterai lebih hemat,awet dan tahan lama, anda harus mematikan fitur ini agar baterai android tidak cepat habis.

Cara Mematikan Notifikasi Grub Whatsapp

9) Tidak Menggunakan charger/pengisi daya original

Ini nih hal yang sangat penting yang sering tidak diperhatikan pengguna android. Mungkin anda yang sedang mengalami masalah baterai rusak atau sudah kembung mungkin bisa jadi karena memakai charger/pengisi daya yang tidak asli/original.

Biar baterai android anda awet dan tidak cepat rusak anda harus menggunakan charger original dari handphone android anda.
Keuntungan memakai charger original adalah proses pengisian daya cepat,stabil dan kekuatan ampere yang masuk ke dalam hp android tidak terlalu besar, jadi jika anda menggunakan charger asli kemungkinan baterai bocor atau kembung dapat terminimalisir.

Sudah paham ya penyebab android boros beserta cara mengatasi baterai agar tetap awet dan tahan lama, sebagai pengguna android yang baik kita juga harus bisa merawat kualitas dari baterai android agar tetap awet dan dalam kondisi yang baik.

Semoga ulasan cara hemat baterai hp android diatas bermanfaat, jika diantara pembaca ada yang kurang paham tentang cara mengatasi masalah baterai boros silahkan berkomentar.

Daftar Powerbank Dengan kapasitas Besar Ukuran Tipis