Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

0
223
cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi tanpa root
Image credit : dignited.com

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root memang banyak dicari oleh pengguna Xiaomi. Betapa tidak, ponsel Xiaomi kini menjadi salah satu merk terkemuka yang mempunyai pengguna yang begitu banyak.

Di dalam ponsel Xiaomi baru, terdapat berbagai aplikasi bawaan atau sering disebut bloatware. Sebetulnya, tidak hanya di aplikasi Xiaomi saja, hampir semua ponsel Android juga mempunyai bloatware.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tersebut. Umumnya, banyak tutorial yang menuliskan bahwa untuk menghilangkan aplikasi bawaan di suatu ponsel dengan cara rooting terlebih dahulu. Namun, buat kamu yang tidak punyai hobi ngoprekin HP, tentu hal tersebut menjadi masalah tersendiri.

Untuk itu, di tutorial ini kita tidak akan membahas tutorial yang didahului oleh rooting terlebih dahulu. Selain itu, melakukan rooting pada ponsel bisa menyebabkan garansi hilang.

cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi tanpa root
Image credit : dignited.com

Berikut Ini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Sebelum kita melangkah pada cara-cara melakukannya, sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kamu gunakan nantinya. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 Perangkat PC atau laptop
  • Download Xiaomi Android USB Driver di sini
  • Download ADB Installer di sini
  • Download App Inspector di Google Play atau bisa kamu temukan di sini

Nah, jika kamu telah mendapatkan semua peralatan untuk menjalankan cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, mari kita memulainya.

Inilah Langkah-langkah Yang Harus Kamu Jalankan saat akan menghapus aplikasi bawaan dengan tepat

  • Lakukan installasi untuk program Xiaomi Android USB Driver dan juga ADB Installer yang sudah tadi didownload.
  • Pada ponsel Xiaomi kamu, lakukan aktivasi pada USB Debugging. Berikut langkahnya masuk ke menu settings > Additional Settings > Developer Options > Kemudian Aktifkan USB Debugging.
  • Di sebagian ponsel mungkin tidak akan muncul menu Developer Options. Caranya adalah dengan menuju menu Settings > About Phone > Tekan MIUI Version hingga nanti muncul tulisan “You Are Now a Developer”, dengan begitu, menu Developer options akan muncul.
  • Nah, sekarang coba kamu hapus salah satu aplikasi bawaan dari Xiaomi, contohnya Browser atau aplikasi lain yang kamu anggap tidak terlalu dibutuhkan.

Secara otomatis, sistem akan menolak untuk melakukan penghapusan, di sana akan muncul pesan “Sorry! Root access is not properly installed on this device”, karena memang ponselnya kan tidak di-root. Nah mari kita lanjutkan, supaya bisa dihapus.

  • Sekarang buka aplikasi App Inspector yang sudah kamu instal di ponsel kamu. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengatahui package dari setiap aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus. Selanjutnya akan dilakukan eksekusi menggunakan PC kamu.
  • Di App Inspector akan dimunculkan nama-nama aplikasi. Silakan kamu pilih aplikasi yang ingin dihapus, maka akan muncul bagian Package Name, contohnya untuk aplikasi Browser akan muncul com.android.browser
  • Setelah Package Name dari aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus, sekarang kita masuk ke langkah selanjutnya di PC kamu. Silakan kamu buka folder C:\adb. Pada bagian kosong di folder tersebut, kamu tekan SHIFT + Klik kanan, maka akan muncul pilihan Open command windows here.
  • Maka akan muncul sebuah layar command prompt. Tuliskan “adb devices” (tanpa tanda petik) untuk memastikan bahwa perangkat ponsel Xiaomi kamu sudah terkoneksi dengan baik ke PC kamu.
  • Jika sudah terhubung, maka akan muncul serial number dari ponsel Xiaomi yang kamu hubungkan. Jika belum terkoneksi, lakukan aktivasi USB Debugging, tutorialnya sudah dituliskan di atas.
  • Jika ada pesan unauthorized di layar command prompt, maka lihat di layar kamu dan klik OK. Kemudian lakukan pengecekan kembali dengan perintah “adb devices” (tanpa tanda petik).
  • Jika semuanya sudah berjalan dengan baik, maka tuliskan perintah “adb shell” (tanpa tanda petik).
  • Selanjutnya, kamu harus mengetikan perintah “pm uninstall -k -user 0 ‘nama.package’. Contoh, untuk menghapus instalasi dari browser, kamu bisa mengetik pm uninstall -k -user 0 ‘com.android.browser’.
  • Eng ing eng, kini aplikasi yang ingin kamu hapus sudah hilang dari ponsel kamu. Jika belum hilang, coba restart ponsel kamu.

Note : Kamu jangan sampai melakukan kesalahan sewaktu menghapus aplikasi. Jangan sampai aplikasi sistem terhapus, sehingga menyebabkan ponsel kamu mengalami kerusakan sistem. Untuk itu, sebaiknya tidak menghapus aplikasi yang kamu tidak tahu.

Demikianlah tutorial tentang cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root.

Tinggalkan Balasan