Cara Menghapus Akun Google secara Permanen melalui Android

0
17
akun terhapus

Mungkin ada saat ketika kamu tidak bisa membuka akun Google mu karena suatu alasan, atau melupakan password terakhir yang kamu gunakan, sehingga memaksamu untuk harus membuat akun yang baru.

Tapi ketika akunmu sudah kembali, dan kamu memutuskan untuk menghapus salah satunya, maka kamu hanya perlu mengetahui langkah yang tepat untuk melakukannya, dan mempelajari dengan sungguh – sungguh konsekuensinya.

Adakalanya menghapus akun Google merupakan langkah alternatif mu untuk melindungi keamanan data privasi mu.

Terutama ketika akunmu dibajak oleh oknum tidak bertanggung jawab yang masih berada di hp lain, dan khawatir data penting didalamnya terungkap atau tersebar, maka menghapusnya adalah langkah yang tepat.

Tapi perlu diingat jika kamu sudah memutuskan untuk menghapusnya, maka konsekuensinya semua aktivitas yang membutuhkan akses akun Google seperti Gmail, Google Drive, Youtube, Google Docs, Google Photos, Google Form, atau Google Playstore, juga tidak akan bisa kamu akses.

Semua data di dalam Gmail atau Drive mu pun akan terhapus secara permanen. Tidak hanya itu, konten – konten berlanggananmu dan juga setting yang kamu gunakan di browser Chrome pun akan di reset kembali ke pengaturan awal.

Intinya, hampir semua aktivitas yang kamu lakukan di Android mu yang menggunakan perangkat Google tidak bisa digunakan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebagai saran, kamu haruslah memiliki akun Google lainnya sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Agar datamu ikut terhapus dengan sempurna tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, kamu dapat mengikuti cara menghapus akun Google secara permanen berikut.

Walau proses ini bisa juga kamu lakukan melalui PC atau Laptop, kamu dapat juga langsung melakukannya melalui Android mu, dengan cara berikut:

  • Langkah awal yaitu dengan mengakses akun Google mu dengan cara mengetik link myaccount.google.com langsung di browser Google Chrome.link myaccount
  • Dilanjutkan dengan melakukan proses Sign in seperti biasa, kemudian klik Next. Namun jika kamu sudah melalui proses Log in sejak awal, langsung saja ke tahap mengakses link diatas.

sign in

  • Maka kamu akan dibawa masuk ke tab Google Account, dan scroll ke bawah sampai kamu menemukan tab pengaturan Account preferences atau Preferensi akun.
  • Kemudian scroll lagi untuk memilih perintah Delete your account or services (hapus akun atau layanan) di perintah paling bawah.

delete your account or services

  • Selanjutnya kamu akan diminta memilih antara dua pilihan yaitu menghapus produk Google tertentu (Delete Product) seperti hanya akun Gmail, GDrive, dll, atau dapat langsung memilih untuk menghapus seluruh data dan akun Google mu secara permanen (Delete Google Account and Data). Jika ingin menghapus akun, maka pilih option ke 2.

delete google account and data

  • Tahap selanjutnya, Google akan memintamu kembali memasukkan sandi password akun mu untuk verification. Masukkan sandi dengan benar, kemudian pilih Next.
  • Untuk tahap akhir, kamu hanya perlu mencentang kedua option syarat dan ketentuan dari Google untuk segera menghapus akunmu.

delete account2

  • Kemudian pilih Delete Account untuk menyelesaikan prosesnya.
  • Tunggu sebentar dan akun Google mu akan secara resmi terhapus secara permanen dan tidak akan dapat dikembalikan lagi. Kamu dapat langsung mengeceknya.

akun terhapus2

Sangat mudah dan tanpa perlu ribet bukan?

Begitulah cara mudah menghapus akun Google mu secara permanen melalui Android. Sebelum kamu memulai prosesnya, perlu diingatkan kembali bahwa akun dan juga datamu tidak akan dapat kembali selamanya setelah melakukan proses ini.

Walau kamu menyesal karena telah menghapusnya pun tidak akan dapat mengubahnya, karena tidak seperti akun layanan lainnya, Google tidak memberi waktu ekstra untuk kamu memikirkannya kembali.

Kamu tidak akan dapat menggunakan Email atau Drive mu lagi, dan ketika orang lain ingin mengirimkan pesan email atau data lainnya ke salah satu akun Google mu, Google akan menolaknya dengan memberi peringatan bahwa alamat akun mu itu salah atau tidak ada.

Jadi, sebelum kamu menyesal, pertama kamu perlu memastikan jika benar – benar sudah tidak ada lagi data pentingmu yang tertinggal di semua layanan Google langgananmu. Atau jika perlu lakukan pemindahan terlebih dahulu.

Sehingga, ketika situasi yang tak diinginkan terjadi, seperti kebocoran data atau penyalahgunaan akunmu, kamu bisa lebih sigap mengatasinya.

Baca Juga
➡️ Cara Mengganti Pasword Gmail Di Android
➡️ 6 Aplikasi Untuk Mengembalikan Semua Data Android Yang Terhapus Tanpa Root

Tinggalkan Balasan