Cara Mengeringkan Ponsel dan Mitos-mitos Yang Sebaiknya Dihindari

0
88
cara mengeringkan ponsel yang jatuh ke dalam air

Cara mengeringkan ponsel kamu yang terkena air sangat dibutuhkan, apabila secara tidak sengaja kamu menyiram ponsel atau terjatuh ke dalam wastafel. Kini, ponsel seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer untuk setiap manusia. Banyak orang yang menyimpan data pribadi yang begitu penting di ponsel mereka. Selain itu, ponsel juga merupakan alat komunikasi yang begitu penting untuk setiap orang. Bahkan, jadwal atau agenda seseorang kini dituliskan di dalam ponsel.

Ketika ponsel terkena air, maka akan menjadi rusak dan tidak dapat digunakan. Banyak sekali mitos-mitos yang belakangan beredar tentang cara mengatasi ponsel, apabila tenggelam atau terkena air. Namun, cara-cara tersebut tidak efektif dan sebaiknya memang tidak digunakan. Tidak jarang cara-cara yang dituliskan tersebut malah membuat ponsel justru mengalami kerusakan yang lebih parah.

cara mengeringkan ponsel yang jatuh ke dalam air

Berikut Mitos-mitos Tentang Mengeringkan Ponsel Yang Harus Dihindari

  1. Mengeringkan Ponsel Dengan Kantong Beras
    Salah satu cara yang sangat populer di sekitar kita adalah mengeringkan ponsel dengan menyimpannya pada kantong beras. Sebagian orang percaya bahwa beras tersebut dapat menyerap cairan dari luar dan dalam ponsel, sehingga ponsel menjadi kering. Namun ada salah satu percobaan yang dilakukan oleh gazelle.com yang menyatakan bahwa cara ini sungguh buruk. Jika beras menyerap cairan dari luar ponsel, maka ia akan menjadi lengket. Selain itu, pati dan bubuk-bubuk beras yang ada bisa meresap dan masuk ke dalam ponse, sehingga pada akhirnya bisa merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya.
  2. Jangan Gunakan Pemanas
    Banyak orang yang juga merekomendasikan untuk mengeringkan ponsel dengan alat-alat pemanas. Beberapa di antara yang sering digunakan adalah hair dryer, microwave, oven dan bahkan panas matahari. Secara pemikiran sepintas, semuanya memang akan mampu untuk mengeringkan perangkat ponsel kamu. Namun ternyata, panas tersebut sangat buruk jika digunakan untuk mengeringkan ponsel. Banyak data yang bisa hilang akibat komponen internal dari ponsel tersebut mengalami pemanasan. Selain itu, komponen-komponen logam bisa mengalami lengkungan di dalam ponsel kamu. Intinya, jika menggunakan pemanas, maka justru akan lebih banyak kerusakan yang ditimbulkan.
  3. Jangan Masukan Ponsel ke Freezer
    Nah, ini adalah tips yang lebih ekstrim. Ada orang-orang yang menyarankan untuk meletakan ponsel di dalam freezer. Saya kurang tahu apa alasannya, tetapi mungkin mereka pikir bahwa cairan yang ada di dalam mesin tersebut bisa membeku. Padahal, jika kita pikir secara logika, bekunya cairan yang masuk itu hanya sementara. Pada akhirnya, cairan yang beku itu akan kembali mencair. Justru ketika itu mencair, bisa jadi akan mengenai komponen-komponen lain yang lebih luas dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
  4. Jangan Masukan Ponsel Ke Dalam Alkohol
    Nah tips yang terakhir ini benar-benar tidak masuk akal. Bagaimana mungkin, ponsel yang basah dan mengandung air, justru di masukan ke dalam alkohol yang juga merupakan zat cair. Mungkin mereka berpikir bahwa alkohol akan lebih cepat kering dan membuat air yang ada di dalamnya jadi terbawa cepat kering. Padahal hal ini justru akan merusak ponsel kamu secara lebih jauh. Bahkan, alkohol dapat meninggalkan noda permanen yang bisa mengotori layar sentuh kamu.

Cara Mengeringkan Ponsel Dengan Cara Yang Benar

Nah, sekarang kamu sudah betul-betul paham kan, mengapa sebaiknya kamu tidak menggunakan cara-cara yang dituliskan di atas. Dengan melakukan cara-cara di atas, bukannya ponsel kamu jadi lebih baik, justru malah akan membuatnya semakin rusak. Adapun ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Angkat telepon kamu dari air sesegara mungkin, sebelum air semakin masuk ke dalam dan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih parah lagi.
  • Jangan tekan tombol apapun, termasuk tombol power. Hal ini justru akan menyebabkan air dapat masuk semakin cepat ke dalam bagian komponen-komponen ponsel tersebut.
  • Keluarkan baterai dari ponsel Anda, supaya tidak ada air yang terperangkap di dalamnya. Jika baterai Anda tidak bisa dilepas, maka posisikan berdiri ponsel, supaya airnya dapat mengalir ke luar.
  • Keringkan ponsel menggunakan kain yang kering dan bersih, lakukan secara hati-hati pada bagian celah-celah ponsel.
  • Bawa ke tempat service ponsel resmi supaya dibantu untuk menangani kerusakannya.

Di Amerika serikat, telah ada mesin Redux yang dikhususkan untuk mengeringkan ponsel. Jadi, jika ponsel Anda tenggelam, Anda bisa langsung mendatangi pelayanan mesin Redux. Sayangnya, di Indonesia belum ada layanan semacam ini.

 

Tinggalkan Balasan