Cara Mengatasi Layar Sentuh Redmi 5 Plus Yang Freeze

0
91
cara mengatasi layar sentuh redmi 5 plus yang freeze

Cara mengatasi layar sentuh Redmi 5 Plus yang freeze banyak dicari oleh penggunanya. Mengapa? Karena ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa tipe ponsel yang satu ini sering mengalami freeze dan macet pada layar sentuhnya. Meskipun macet ini tidak bersifat mayor, tapi tetap saja hal ini sangat mengganggu bagi kamu yang membutuhkan sebuah perangkat ponsel yang cepat dan lancar.

Para pengguna sering mengalami lag saat main game. Tentu saja hal ini adalah sesuatu yang membuat kamu akan merasa jengkel dengan ponsel kamu. Bayangkan, kamu sedang memainkan game yang seru, secara online dan juga levelnya sudah tinggi. Masa harus terhenti, hanya gara-gara ponsel tidak responsive dan mengalami lag. Untuk itu, di tulisakan kali ini, kami akan mengangkat tutorial cara mengatasi layar sentuh Redmi 5 Plus yang freeze dan macet. Mudah-mudahan bermanfaat yaaa.

Di forum ponsel Xiaomi, banyak orang yang mengeluh hal ini. Bahkan, ada polling di sini. Kamu bisa lihat tentang polling orang yang ponselnya bermasalah. Memang sih, orang-orang yang ponselnya bermasalah tersebut tidak lebih banyak dari pada orang yang ponselnya normal. Tetapi, kamu bisa lihat tingkat kasus terjadinya masalah dengan layar sentuh mereka. Ada sekitar 26% yang ponselnya mengalami masalah dengan layar sentuh mereka.

cara mengatasi layar sentuh redmi 5 plus yang freeze
image : hardwarezone.com.sg

Cara Mengatasi Layar Sentuh Redmi 5 Plus Yang Freeze dan Macet

Cara yang akan kita lakukan ini bisa terbilang sangat simpel. Kamu tidak perlu melakukan flashing, rooting, unlock boatlooder dan ganti ROM. Berikut cara yang bisa kamu lakukan :

  • Hal yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Settings > about phone.
  • Pada MIUM Version, silakan kamu ketuk 5 kali, dengan begitu kamu mengaktifkan developer version/versi pengembang
  • Kembali ke pengaturan dan pilih menu settings > additional settings > developer options.
  • Nah ini adalah bagian inti dari tutorial ini, silakan kamu matikanmemory optimiziation dan MIUM Optimization. 

Nah, cara di atas bisa menjadikan ponsel kamu lebih cepat dan jarang mengalami lagi atau layar sentuh freeze.

Dengan menggunakan cara di atas, kamu sudah melakukan salah satu yang paling mudah. Seperti yang dikatakan tadi, kamu tidak harus mengganti ROM, tidak harus flashing dan tidak harus melakukan rooting dan unlock boatloader.

Jika cara pertama di atas tidak berhasil, kamu bisa melakukan hal-hal yang lebih sulit, misalnya mengganti ROM. Mengapa melakukan penggantian ROM? Karena salah satu penyebab terjadinya freeze layar sentuh, bisa jadi karena ponsel kamu menggunakan ROM distributor/ROM abal-abal. Solusinya memang mengganti ROM.

Langkah lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi layar sentuh Redmi 5 Plus yang freeze adalah dengan melakukan hard reset atau dikenal juga sebagai factory reset. Itu artinya, ponsel kamu segala sesuatu yang ada di pengaturan dan apapun, dikembalikan ke keadaan semula, seperti saat kamu pertama kali menerima ponsel dari pabrik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu settings > additional settings > backup and reset > factory data reset > reset phone > next > OK.

Langkah paling ekstrim cara mengatasi layar sentuh Redmi 5 plus yang freeze adalah melakukan flashing. Tutorialnya bisa kamu temukan di sini. Di tutorial tersebut, versi ponsel yang di-flash memang berbeda, tetapi tidak terlalu signifikan dalam caranya. Untuk itu, cara tersebut bisa kamu terapkan untuk melakukan flashing pada ponsel Redmi 5 plus yang kamu miliki.

Jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas, namun ponsel kamu tetap mudah mengalami lag, maka disarankan kamu datang ke service center resmi. Mungkin ada komponen-komponen yang tidak lagi mempunyai kinerja bagus dan mulai mengalami kerusakan. Itu artinya, kamu harus mulai mengganti beberapa di antaranya. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengunjungi tempat service resmi. Mengapa harus di tempat service resmi? Karena yang paling tahu dan ahli untuk mengatasi masalah pada sebuah produk adalah produsen produk itu sendiri. Untuk itu, datang ke service center sudah merupakan langkah yang sangat tepat.

Itulah bebeberapa cara mengatasi layar sentuh redmi 5 plus yang freeze dengan mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan