5 Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas Terbukti Berhasil

Apakah anda tahu bagaimana cara mengatasi hp android yang panas? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dewasa ini banyak hp android yang sudah bisa digunakan untuk memainkan game PC. Bahkan sampai ada beberapa merk hp untuk game di bawah 2 juta yang juga bisa memainkan game-game dengan kualitas HD.

Namun, seiring dengan penggunaan game yang terlalu lama, malah bisa mengakibatkan hp android anda menjadi panas. Ada banyak hal yang menyebabkan hp panas, seperti baterai dan juga prosesornya. Mungkin di awal anda tidak merasakannya, namun ketika sudah bermain kurang lebih 30 menit, maka panas pada hp akan terasa.

Maka dari itu, kami yakin bahwa penjelasan mengenai cara mengatasi hp android yang panas akan sangat membantu anda. Dengan mempelajari informasi yang akan kami bagian ini, maka nanti Hp android anda tidak akan panas dan anda nyaman memakainya.

Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara tersebut mulai dari cara termudah dan paling sederhana sampai dengan cara yang sulit. Anda harus memulai dari cara termudah karena permasalahan hp android panas berbeda untuk setiap merk hp.

1. Hapus aplikasi yang menyedot pemakaian RAM 

5 Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas Terbukti Berhasil 1

Langkah awal dan paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah mulailah menghapus aplikasi yang anda rasa paling banyak menyedot atau memakan RAM. Meskipun hp android anda memiliki kapasitas RAM yang besar, namun ketika banyak aplikasi yang berjalan, maka pemakain RAM juga akan dibatasi.

Biasanya, apliaksi yang paling banyak menyedot RAM adalah game. Game tersebut tentu bukan game biasa, melainkan game yang spesifikasinya sudah tinggi. Jika anda tetap membiarkan aplikasi tersebut, maka tentu hp android anda akan terus panas. Bahkan untuk kasus yang parah, tidak digunakan untuk apapun hp android anda akan tetap panas.

Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi seperti game atau media sosial yang sedang berjalan. Maka dari itu, mulailah anda memilah dan memilih aplikasi mana saja yang harus anda hapus dan aplikasi mana yang tetap anda pertahankan.

2. Mengurangi aplikasi di latar belakang

5 Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas Terbukti Berhasil 2

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang. Mungkin anda tidak sadar bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang juga banyak menyedot penggunaan RAM. Dengan kata lain, kapasitas RAM anda bisa tinggal sedikit karena banyaknya aplikasi di latar belakang yang sedang berjalan.

Maka dari itu, yang harus anda perlukan adalah dengan mematikan aplikasi mana saja yang menyedot pemakaian RAM. Anda bisa mematikan notifikasinya atau yang paling terbaik adalah anda tinggal melakukan uninstall. Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi tanpa harus uninstall seperti Greenify. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan pergi ke Play Store.

3. Bersihkan dari debu

Mungkin cara mengatasi hp android yang panas kali ini banyak yang belum menerapkannya. Ya, hp android yang penuh dengan debu bisa menjadi salah satu alasan mengapa ia cepat panas. Debu yang semakin menumpuk akan mempengaruhi kinerja perangkat yang ada di dalamnya.

Lantas bagaimana cara anda mengatasinya? Sangat mudah, anda hanya perlu membuka casing hp dan mulailah membersihkan debunya. Bisa menggunakan sikat yang kecil dan tipis. Anda juga bisa menggunakan alat khusus yang memang untuk membersihkan debu di hp.

4. Jangan menggunakan ketika sedang dicharge

5 Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas Terbukti Berhasil 3

Cara keempat yang harus anda lakukan adalah jangan pernah menggunakan hp android anda dalam kondisi dicharge. Kebiasaan ini bisa dikatakan menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna android. Mereka dengan enaknya mengoperasikan hp mereka, padahal sedang dicharge.

Bahkan, ada yang sampai memainkan game di hp android tersebut. Kondisi ini bukan hanya akan membuat hp anda panas, melainkan panas yang dialami oleh hp malah bisa merusak perangkat yang lain. Untuk kasus yang parah malah bisa membuat hp tiba-tiba restart. Maka dari itu, anda jangan sampai mengoperasikan hp ketika sedang dicharge.

Untuk lebih optimal lagi, anda bisa mengcharge dalam kondisi hp mati. Hal ini tentu akan membuat hp and ayang awalnya panas akan langsung dingin.

5. Cek kondisi baterai anda

5 Cara Mengatasi Hp Android Yang Panas Terbukti Berhasil 4

Cara mengatasi hp android yang panas dan menjadi cara terakhir yang kami jelaskan adalah dengan mengecek kondisi baterainya. Salah satu faktor yang menyebabkan hp cepat panas adalah kondisi baterai yang sudah tidak normal. Biasanya baterai yang cepat habis menjadi salah satu tanda mengap hp anda mudah sekali panas padahal digunakan sebentar.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa kondisi baterai dan anda harus menggantinya dengan baterai yang baru. Pastikan ganti dengan baterai kualitas terbaik agar tidak mudah mengalami kerusakan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here