Cara Mengatasi Gagal Update ROM HP Xiaomi

0
55
cara mengatasi gagal update rom hp xiaomi

Cara mengatasi gagal update ROM HP Xiaomi akan sangat bermanfaat buat kamu penggunanya. Seperti yang kita tahu, ponsel Xiaomi merupakan salah produsen ponsel asal China yang cukup populer sekarang. Harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus, membuat Xiaomi banyak dipilih oleh orang banyak. Sebagai produsen ponsel yang mumpuni, tentunya Xiaomi sangat memperhatikan fitur, pelayanan dan juga update segala sesuatunya yang berhubungan dengan ponsel besutan mereka.

Salah satu hal yang harus sering kamu update ketika menggunakan ponsel Xiaomi adalah ROM. Namun, terkadang muncul permasalahan, ponsel tidak bisa melakukan update ROM. Di sana tertulis “Can’t verify update”. Keadaan ini membuat kamu betul-betul tidak bisa melakukan update ROM dengan yang terbaru. Nah, jika kamu mengalami hal yang sama, maka kamus sudah masuk pada postingan yang tepat. Di sini, kita akan tuliskan tutorial tentang cara mengatasi gagal update ROM HP Xiaomi.

cara mengatasi gagal update rom hp xiaomi
image: droidnoobhut.blogspot.com

Penyebab Gagalnya Update ROM via OTA/Updater

1. Menggunakan ROM Abal-abal

Jika kamu membeli ponsel Xiaomi dengan garansi distributor, sangat mungkin mengalami hal ini. Mengapa? Karena ROM yang kamu pakai adalah ROM abal-abal. Lalu bedanya apa dengan ROM official? ROM abal-abal ini sudah dimodifikasi dengan berbagai cara dan langkah untuk tujuan-tujuan tertentu.

Berikut Ciri-ciri ROM Abal-abal :

  • ROM abal-abal sering memunculkan iklan-iklan yang mengganggu. Hal ini muncul kapan saja, secara tiba-tiba dan tidak relevan dengan yang sedang kita lakukan.
  • Umumnya ROM Xiaomi offical mempunyai MIUI hanya 4 digit. Jika lebih dari itu, kemungkinan ROM abal-abal.
  • Selalu gagal saat unlock boatloader.
  • Banyak aplikasi bloatware yang tidak jelas.
  • Dan tentu saja, tidak dapat di-update pada OTA, karena MIUI-nya tidak jelas.

2. Koneksi Tidak Stabil

Koneksi tidak stabil bisa jadi salah satu penyebab gagalnya update. Hal ini sangat mudah diatasi, yakni dengan mencari koneksi internet yang lebih baik dan stabil.

3. Memori Internal Penuh

Memori internal yang penuh, bisa menyebabkan download update terganggu. Mengapa demikian? Karena untuk mengunduh file update, membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Cara Mengatasi Gagal Update ROM HP Xiaomi

1. Download Ulang File Untuk Update

Seperti yang dikatakan di atas, salah satu yang dapat menyebabkan gagalnya update adalah karena koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini akan menyebabkan file ROM kamu mengalamai corrupt. Untuk itu, kamu bisa hapus terlebih dahulu file yang didownload secara corrupt dan download ulang. Berikut caranya…

  • Silakan kamu hapus terlebih dahulu file ROM yang corrupt, kamu bisa masuk ke Memori internal > downloaded_rom
  • Sekarang, coba kamu download ulang file update-nya. Namun, pastikan koneksi internet kamu lebih stabil. Sangat disarankan untuk menggunakan koneksi wifi.
  • Jika sudah selesai 100% kemudian tombolnya berubah menjadi Reboot now/mulai ulang sekarang, maka itu artinya cara mengatasi gagal update ROM HP Xiaomi sudah berhasil.

2. Download Update Secara Manual

Cara kedua adalah dengan mendownload file update secara manual. Berikut caranya…

  • Sebelumnya, kamu terlebih dahulu harus menghapus file ROM yang sudah didownload.
  • Kemudian silakan kamu download file update secara manual di sini.
  • Pilih yang versi stable dan sangat disarankan untuk menggunakan PC, supaya lebih stabil.
  • Jika sudah terdownload dengan sempurna, silakan ganti namanya jadi update.zip dan masukan ke dalam memori internal ponsel kamu.
  • Buka aplikasi updater, buka menu yang berupa titik tiga di sebelah kanan dan pilih paket pembaruan/choose update package.
  • Silakan masukan file yang sudah kamu download tadi.

3. Melakukan Flashing

Nah, ini bisa dikatakan sebagai cara pamungkas untuk mengatasi masalah gagal update, jika kedua cara di atas sudah gagal. Namun ingat, sebelum kamu melakukan flashing, pastikan terlebih dahulu semua file-file penting sudah kamu back up.

Cara ini bisa dikatakan ampuh, karena seakan-akan kamu sedang mengganti program/sistem operasi ponsel dengan yang lebih baru. Dengan begitu, cara ini bisa menjadi jalan keluar yang membuat ponsel kamu bisa melakukan update ROM. Untuk cara dan tutorial melakukan flashing Xiaomi, bisa menggunakan software MI Flashtool. Kamu bisa baca tutorial lengkapnya di sini.

Akhirnya, tutorial cara mengatasi gagal update ROM HP Xiaomi telah selesai. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu para pemilik ponsel Xiaomi.

Tinggalkan Balasan