Cara Mengatasi Error Saat Flashing dan Saat Instal TWRP di Xiaomi

0
55
cara mengatasi error saat flashing xiaomi

Seperti yang kita tahu, Xiaomi merupakan salah satu merek ponsel yang cukup mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android. Setiap orang yang menggunakan Android bisa mengoprek sistem operasi mereka secara lebih mendalam, karena lisensinya adalah sumber terbuka.

Ponsel Android ada kalanya mengalami masalah yang mengharuskan kamu melakukan flashing dan juga menginstal TWRP. Flashing sendiri bisa mengatasi masalah seperti bootloop, mati total, lupa pola/pin dan masalah-masalah lainnya. Namun, apa jadinya jika Anda dalam usaha memperbaiki ponsel yang rusak (flashing), namun justru malah error. Hal ini tentu membuat jengkel banyak orang. Nah, oleh karena hal tersebut, di tulisan kali ini saya akan mengangkat tutorial cara mengatasi error saat flashing dan saat instal TWRP. Tutorial ini khusus saya tulis untuk kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi dan melakukan flashing menggunakan MiFlashTool.

cara mengatasi error saat flashing xiaomi

Cara Mengatasi Error Saat Flashing dan Saat Instal TWRP di Xiaomi

Pesan error yang muncul bisa bermacam-macam, tergantung jenis kesalahan yang terjadi. Namun, kamu tidak usah khawatir, karena kita akan membahas satu persatu jenis errornya.

1. Mengatasi “Hello Packet, Ping Target Failed”

Hello Packet, Ping Target Failed merupakan salah satu pesan error yang tidak jarang muncul, saat ponsel Xiaomi sedang di-flash menggunakan MiFlashTool. Hal ini umumnya terjadi, ketika ponsel Xiaomi kamu tipe lawas, tetapi flashing menggunakan MiFlashTool terbaru. Kalau tipe ponsel kamu lama, kamu juga harus menggunakan versi MiFlashTool yang lama. Silakan kamu download software-nya di sini.

2. Cara Mengatasi “Length cannot less than zero” di MiFlashTool

Error jenis yang satu ini pun merupakan salah satu yang tidak jarang muncul. Hal ini terjadi, saat kamu akan melakukan flashing, tetapi kamu mengekstrak file ROM secara tidak benar. Pastikan, saat mengekstrak, file ROM itu tidak hanya satu, melainkan ada yang lainnya juga. Selain itu, pastikan juga kamu meletakan file tadi pada sebuah folder yang dikasih nama tanpa spasi.

3. Mengatasi Error Unspecified error (0x80004005:error:cannot load “: No Error)

Error ini muncul saat flashing menggunakan MiFlashTool. Error ini sebetulnya terjadi akibat hal sederhana, yakni meletakan file ROM pada sebuah folder dengan spasi. Cara mengatasinya sangat mudah, yakni kamu hanya perlu merubah nama folder, sehingga tanpa spasi. Atau lebih gampang lagi, kamu pindahkan file ROM tersebut drive C:\ atau D:\

4. Mengatasi “Missmatching image and device” di MiFlashTool

Error yang satu ini tidak jarang terjadi, saat kamu akan melakukan flashing menggunakan MiFlashTool. Hal ini terjadi karena device ponsel yang kamu miliki, tidak sesuai dengan ROM yang akan kamu gunakan flashing. Misalnya, ponsel Xiomi Snapdragon, tetapi kamu menggunakan ROM mediatek. Solusinya hanya satu, yakni ganti ROM kamu dengan dengan ROM yang sesuai.

5. Mengatasi “Waiting for devices” saat instalasi TWRP melalui CMD

Instalasi TWRP melalui CMD terkadang memunculkan error “waiting for devices”. Hal ini karena ponsel kamu belum masuk ke mode fasboot, sedangkan untuk melakukan hal ini, ponsel kamu harus dalam mode fastboot. Solusi untuk hal ini adalah dengan masuk ke mode fastboot pada ponsel kamu secara sempurna. Caranya adalah dengan menekan tombol power + volume down.

6. Mengatasi “cannot load file twrp.img atau recovery.img” saat instal TWRP

Error ini juga kerap ditemui oleh para pengguna yang melakukan instalasi TWRP di ponsel Xiaomi mereka. Umumnya, error ini terjadi saat kamu meninggalkan file twrp.img pada folder yang salah. Bisa juga karena salah mengganti nama recovery.img atau twrp.img. Solusinya adalah dengan menghilangkan centang di Folder Options di Windows Explorer pada bagian “Hide extension for known file types“.

7. Mengatasi “FAILED (remote: dtb not found)” saat instal TWRP

Pemilihan TWRP yang tidak cocok, bisa menyebabkan error jenis ini. Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu menggunakan TWRP yang sesuai dengan ponsel kamu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi error saat flashing dan saat instal TWRP di Xiaomi. Jika ponsel kamu berhasil untuk di-flash kembali, maka semuanya seperti baru lagi. Namun, jika error masih terus terjadi, kamu bisa datang ke service center resminya, untuk dibantu cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan