Cara Mengatasi Bug Media Server Dengan Cepat

0
158
cara mengatasi bug media server

Cara mengatasi bug media server sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mempunyai baterai HP boros dan cepat panas. Mengapa? Karena gejala-gejala tersebut merupakan beberapa tanda yang menandakan bahwa ponsel mengalami bug media server. Pada beberapa kasus yang dibagikan oleh pengguna, umumnya ponsel yang mengalami masalah ini adalah Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000/Plus. Namun meskipun seperti itu, tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada ponsel-ponsel lain.

cara mengatasi bug media server

Apa Itu Bug Media Server?

Media Server merupakan salah satu bug atau celah pada ponsel Android yang menyebabkan baterai boros dan ponsel cepat panas. Padahal, tidak ada aktivitas apapun, namun baterai tetap terkuras dengan sangat cepat.

Penyebab terjadinya bug yang satu ini memang sangat beragam, salah satu di antaranya adalah adanya file .mkv yang ada di HP kamu. Ponsel-ponsel jenis tertentu memang sangat sensitif dengan file ber-format ini. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan terjadinya bug media server ini karena processor terlalu keras dalam membaca dan memproses file-file media.

Untuk mengetahui apakah ponsel kamu mengalami bug media server, kamu bisa memeriksanya dengan masuk ke menu Settings > Battery. Nah, dapat kamu lihat di sana, jika pemakaian media server lebih dari 50%, ponsel kamu bisa terindikasi mengalami bug media server.

Cara Mengatasi Bug Media Server Dengan Tepat

1. Memindahkan File .MKV

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu yang dapat menyebabkan munculnya bug media server adalah file .MKV. Begini cara untuk mengatasinya.

  1. Silakan kamu periksa apakah di ponsel kamu ada file dengan ekstensi .MKV
  2. Jika sudah ketemu, silakan kamu pindahkan semua file tersebut ke laptop dan komputer. Setelah itu, renam file tersebut menggunakan ekstensi yang lain, katakanlah menggunakan .MK.
  3. Buka baterai dan SD card, biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, silakan kamu masukan lagi ke dalam ponsel kamu.
  4. Kini saatnya kamu mengecek kembali, apakan ponsel kamu sudah tidak terkena bug media server atau tidak. Kembali lakukan pengecekan dengan masuk ke Settings > Batery
  5. Jika sudah mengalami penurunan dari yang sebelumnya, itu artinya bug media server kamu sudah tidak lagi. Silakan sekarang pindahkan lagi file berekstensi .MK tadi ke ponsel kamu.

Nah, sekarang tinggal kamu memikirkan, bagaimana memainkan file .MKV ini tanpa terkena bug media server. Berikut caranya…

  1. Silakan kamu instal aplikasi MX Player.
  2. Kemudian masuk ke menu yang berupa tiga titik di sebelah kanan, setelah itu pilih Settings.
  3. Kemudian pilih List, selanjutnya klik File extension.
  4. Selanjutnya pilih Add yang ada di pojok kiri bawah dan ketik .MK
  5. Silakan sekarang kamu masuk ke halaman utama MX Player
  6. Sekarang, ponsel kamu sudah bisa mendeteksi file .MK dan bisa memainkan file .MKV tanpa mengalami bug media server.

2. Hapus File Media Corrupt

Jika kamu merasa tidak memiliki file berekstensi .MKV di ponsel kamu, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek dan menghapus file-file media yang corrupt. Cari file-file media yang rusak dan mempunyai ukuran sangat kecil, bahkan tidak jarang ada yang ukurannya hingga 0 bytes.

Jika kamu mengecek satu persatu file foto dan gambar satu per satu, mungkin kamu akan merasa capek dan jari bisa-bisa keriting. Nah untuk itu, ada sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk mengatasi hal ini, yakni aplikasi Corrupt Image Finder. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menemukan file-file yang corrupt

Setelah file corrupt dan rusak tersebut kamu hapus, seharusnya media server sudah menurun.

3. Menggunakan Aplikasi

Cara ini bisa dikatakan yang paling simpel dari cara sebelumnya. Kamu hanya perlu menginstal sebuah aplikasi gratis bernama mediaserver killer. Kamu bisa download aplikasinya secara gratis di sini. Namun sayangnya, untuk bisa menjalankan cara mengatasi bug media server yang satu ini, ponsel kamu harus dalam keadaan sudah di-root.

Itulah beberapa cara mengatasi bug media server dengan cara yang cepat dan mudah. Cara-cara tersebut bisa kamu kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan yang sering sulit dipecahkan. Banyak orang yang tidak mengetahui, mengapa ponsel mereka sangat boros, padahal mereka tidak melakukan aktivitas apapun.

Baca Juga Penyebab Hp Android Panas Saat Digunakan Bermain Game

Tinggalkan Balasan