Mempelajari perihal cara mengatasi aplikasi keluar sendiri atau force closed penting untuk anda. Hal ini karena tidak jarang penggunaan aplikasi secara berlebihan, baik pada komputer maupun hp bisa menyebabkan aplikasi tersebut keluar dengan sendirinya. Peru anda tahu bahwa saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu pekerjaan anda.

Aplikasi tersebut dibagi menjadi beberapa golongan. Ada aplikasi untuk chatting dan telfon, ada aplikasi mendengarkan lagi, aplikasi bermain game, maupun juga ada juga aplikasi untuk edit video di hp maupun juga komputer atau laptop. Semua aplikasi yang digunakan tersebut kebanyakan meminta diperbarui atua di update secara rutin. Jika tidak, maka bisa menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah force stop.

Dan artikel ini akan memberikan solusi kepada anda mengenai bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri, baik untuk anda yang menggunakan windows, android, maupun perangkat yang lainnya.

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Windows 10

Meskipun Windows 10 tergolong sistem operasi yang baru, bukan berarti aplikasi yang terpasang pada sistem operasi ini tidak memiliki masalah. Tidak jarang aplikasi games atau edit video malah tidak compatibel dengan Windows 10. Namun anda jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Lakukan restart

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan merestart laptop atau komputer anda. Biasanya, awal mula aplikasi keluar sendiri dimulai dengan Not Responding pada aplikasi anda. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya drive crash atau penyimpanan yang bertabrakan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan restart. Untuk melakukan restart tentu sangat mudah. Caranya tidak berbeda dengan ketika anda menggunakan Windows 7 maupun Windows 8. Namun cara yang paling cepat adalah dengan menekan tombol kombinasi Alt+F4. Kemudian anda pilih Restart tersebut OK.

2. Hapus Temporary Files

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Perlu anda ketahui bahwa fungsi dari temporary file adalah sebagai media penyimpanan sementara terhadap data pada aplikasi anda. Dengan begitu, maka proses membuka aplikasi bisa berlangsung lebih cepat. Namun, temporary file yang sudah terlalu banyak malah bisa menyebabkan aplikais keluar sendiri.

Langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menghapus temporary file tersebut seperti penjelasan di bawah ini:

  • Klik kanan pada Local Disk C
  • Pilih General Disk Clean Up dan harus anda centang semua
  • Pilih Clean up system files
  • Ok

Tunggu proses tersebut sampai nanti laptop atau komputer anda akan restart dengan sendirinya. Maka masalah aplikasi keluar sendiri bisa teratasi sehingga anda bisa mengoperasikannya dengan nyaman seperti biasa.

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di android

Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi mengalami force closed. Beberapa penyebab tersebut antara lain:

  • Spesifikasi hp yang kurang mempuni
  • Jaringan internet lambat
  • Sedang mengoperasikan aplikasi lain
  • Menumpuknya cache
  • Hp sudah overheat
  • Aplikasi harus diperbarui

Sementara itu, cara mengatasinya akan kami jelaskan seperti berikut:

1. Menghapus cache

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Perlu anda tahu bahwa kapasitas cache yang sudah terlalu banyak bisa menyebabkan aplikasi mengalami masalah. Sama halnya dengan komputer, cache berfungsi sebagai penyimpanan sementara agar aplikasi anda lebih cepat dibuka.

Anda bisa menghapusnya secara manual dengan sistem penghapusan pada hp android anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi di Play Store seperti Clean Master.

2. Gunakan jaringan internet berkualitas

Jika waktu itu jaringan internet sedang lemot dan aplikasi tidak bisa dijalankan, maka anda harus berpindah ke jaringan internet yang lebih baik. Dengan begitu, anda bisa menjalankan aplikasi yang anda inginkan tanpa mengalami masalah seperti keluar sendiri.

3. Update aplikasi

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa masalah aplikasi keluar sendiri bisa karena aplikasi anda yang minta di update. Tujuan dari pembaruan aplikasi tersebut adalah untuk membersihkan bugs atau file-file yang memang sudah seharusnya dibersihkan dari aplikasi anda.

Anda tinggal mengupdate-nya dengan cara masuk ke Google Play Store dan mengetikkan aplikasi yang anda inginkan. Dengan mengupdata aplikasi, maka anda bisa kembali menjalankan aplikasi anda tersebut dengan normal.

4. Update OS

Jika ketiga cara diatas tidak bisa mengatasi aplikasi yang keluar sendiri, maka cara terakhir yang bisa anda pilih adalah dengan melakukan update pada sistem operasi android anda. Jika anda mengupdate sendiri melalui koneksi internet, maka pastikan koneksinya lancar dan hp anda dalam kondisi penuh.

Namun, anda juga bisa mengupdatenya secara manual meskipun memang cara ini membutuhkan pengalaman dan pengetahuan karena ada banyak langkah yang harus anda lakukan. Dengan mengupdate OS, maka anda bisa menjalankan aplikasi yang sebelumnya keluar sendiri seperti biasanya.

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri pada iPhone

Bukan hanya pengguna android, para pengguna iPhone juga tidak bisa lepas dari aplikasi yang keluar sendiri. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa solusi yang bisa anda lakukan.

1. Restart aplikasi

Cara termudah dimana anda hanya perlu mengeluarkan aplikasi yang sedang anda gunakan. Kemudian anda buka kembali. Cara ini biasanya memang bisa mengatasi aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri.

2. Reboot iPhone

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Untuk me-reboot iPhone tidak jauh berbeda ketika anda melakukan restart pada android anda. Dengan melakukan reboot iPhone, maka seluruh sistem pada iPhone akan dikembalikan seperti semua.

3. Update aplikasi

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Solusi ketiga adalah dengan melakukan update aplikasi. Anda tinggal masuk ke App Store dan kemudian mengetikkan nama aplikasi yang ingin anda update. Tungu proses selesai dan kemudian anda buka kembali aplikasi anda tersebut.

4. Uninstall dan install kembali

Cara mengatasi aplikasi yang keluar sendiri pada iPhone juga bisa anda lakukan dengan hapus atau uninstall aplikasi tersebut. Setelah itu, mulailah anda menginstall kembali dan kemudian and abisa mengoperasikan seperti biasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here