Cara Mengatasi Akun Mi Cloud Yang Terkunci

1
146
cara mengatasi akun mi cloud yang terkunci

Pengguna ponsel Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan Mi Cloud. Ini adalah sebuah server penyimpanan, khusus pengguna Xiaomi. Tidak jauh beda dengan iCloud yang dimiliki oleh perangkat gadget yang dimiliki oleh Apple. Nah, dengan menggunakan Mi Cloud, kamu bisa melakukan back up terhadap semua data yang kamu miliki di dalam ponsel Xiaomi.

Suatu masalah terkadang muncul, ketika ponsel kamu tiba-tiba terkunci dan tidak bisa diakses. Kamu diharuskan untuk memasukan data log in secara benar (email dan password). Masalah yang lebih runyam terjadi, jika kamu lupa dengan data log in tersebut. Lalu, apa yang harus dilakukan?

cara mengatasi akun mi cloud yang terkunci

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengatasi ponsel Xiaomi yang akun Mi Cloud-nya terkunci.

Inilah Cara Membuka Akun Mi Cloud Yang Terkunci dan Pasti Berhasil

Ada satu cara yang sudah pasti berhasil, yakni dengan menghubungi layanan Xiaomi Indonesia. Layanan yang bisa menggunakan cara ini adalah ponsel Xiaomi yang dibeli dari distributor resmi. Bagaimana jika tidak resmi? Saya tidak tahu belum pernah coba.

Untuk menghubungi layanan Xiaomi Indonesia, kamu bisa menempuh beberapa cara. Pertama, kamu bisa menelepon ke call center Xiaomi di 0800-1-401558. Kemudian kamu bisa kirim email di service.id@xiaomi.com, bisa chat di http://www.mi.com/id/service/online/, atau kamu juga bisa menghubungi Facebook resmi Xiaomi Indonesia di https://www.facebook.com/XiaomiIndonesia. Saya menyarankan untuk menghubunginya via email atau chat saja, karena bisa lebih mudah.

Apa Yang Harus Dibicarakan?

Tentunya kamu pertama kali akan menghubungi service center, merasa kebingungan apa yang harus dilakukan. Nah, kamu harus menceritakan kepada mereka sedetail mungkin secara gamblang. Setelah itu, mereka akan meminta Anda untuk menyerahkan dokumen-dokumen sebagai bentuk kepemilikan dari ponsel tersebut.

Jika di email, sebaiknya langsung saja kamu lampirkan dari awal, karena kelamaan kalau harus menunggu balasan terlebih dahulu. Kamu harus memotret ponsel kamu yang terkunci, untuk membuktikan bahwa ponsel kamu betul-betul terkunci. Kedua, kamu sertakan foto kartu garansi, dus, data IMEI dan faktur pembelian, sebagai bukti bahwa ponsel itu betul-betul milik kita. O iya, sertakan juga kode 12 digit yang dimunculkan oleh layar kamu yang terkunci.

Nah, setelah itu biasanya kamu tinggal nunggu balasan dari pihak service center. Jika memang sudah dipenuhi persyaratannya, kamu tinggal menunggu akun kamu dibuka kembali.

Syarat Mutlak Untuk Menggunakan Cara Ini

Pihak Xiaomi akan membuka akun Mi Cloud secara remote, atau dengan bahasa sederhananya langsung dari pusat. Nah, syarat yang harus kamu penuhi agar bisa terhubung adalah, memastikan ponsel Xiaomi kamu terhubung dengan internet. Hal ini bisa kamu penuhi dengan menghubungkan ponsel Xiaomi ke jaringan wifi. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa memasukan sim card dan aktifkan koneksi internetnya. Biasanya, walaupun ponsel Xiaomi kamu terkunci, tetapi bisa dihubungkan ke wifi atau menghubungkan koneksi internet kartu.

Apakah Ponsel Bodong atau Curian Bisa Dibuka?

Salah satu tujuan dari penguncian Mi Cloud ini adalah alasan keamanan data, jika ponsel hilang atau dicuri. Oleh karena itu, proses pembukaan Mi Cloud ini tidak akan berhasil pada ponsel curian, karena tentunya tidak akan mampu memenuhi syarat data-data yang harus dikirimkan. Untuk menjalankan cara ini, kamu mutlak harus menyediakan foto dus, kartu garansi, data IMEI dan faktur pembelian.

Cara Alternatif Untuk Membuka Akun Mi Cloud Yang Terkunci

Tadi muncul pertanyaan, bagaimana jika ponsel Xiaomi yang digunakan tidak resmi alias garansi distributor. Mungkin jika tidak bisa dengan cara yang ada di atas, kamu bisa menggunakan cara flashing.

Apa itu flashing? Flashing adalah sebuah cara atau proses untuk mengganti sistem operasi yang digunakan pada ponsel tersebut. Dengan begitu, seakan-akan ponsel tersebut kosong tanpa perangkat lunak sama sekali. Jika kita instalkan perangkat lunak yang baru, maka itu seakan-akan baru. Jadi, akun Mi Cloud pun seakan-akan kembali dari awal.

Sayangnya, ada yang bilang bahwa cara ini sudah tidak efektif lagi untuk tipe-tipe baru Xiaomi. Pengamanannya sudah jauh lebih ketat dari sebelumnya. Bahkan, kini keamanan Mi Cloud hampir setara dengan keamanan yang dimiliki oleh iCloud-nya Apple.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan