Cara Melindung HP Android Dari Malware, Virus dan Trojan

0
10

Cara melindung HP Android dari virus dan malware sangat penting untuk diketahui. Ponsel dengan sistem operasi Android kini sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Hampir semua orang tentunya memiliki ponsel Android ini. Ya meskipun, ada juga sebagian yang menggunakan ponsel-ponsel dengan sistem operasi yang lain.

Sistem operasi Android merupakan jenis sistem operasi sumber terbuka atau open source. Itu artinya, setiap orang bisa mengubah, mengedit dan menggunakannya. Itulah mengapa, sistem keamanannya bisa dikatakan rentan dengan virus.

Banyak orang yang mengalami masalah-masalah seperti error, data hilang, bahkan hingga pencurian akun akibat masalah malware dan sejenisnya yang menyerang sistem operasi Android ini. Untuk itu, bagi kamu pemilik ponsel Android, wajib untuk berhati-hati terhadap masalah ini.

Cara Melindungi HP Android Dari Malware, Virus dan Trojan

1. Hati-hati saat menginstal aplikasi

Salah satu langkah konkrit yang bisa kamu lakukan sebagai cara melindungi HP Android dari malware dan virus adalah dengan menyortir aplikasi yang akan kamu instal. Maksudnya bagaimana? Iya, jadi sebaiknya kamu tidak menginstal aplikasi yang sumbernya bukan dari tempat resmi (Google Playstore).

Jika kamu memang betul-betul harus menginstal aplikasi tersebut, maka cari tahu dahulu sumbernya. Apakah vendor aplikasi yang akan kamu instal itu terpercaya atau tidak. Jika memang sudah memiliki feedback positif dan dapat dipercaya, maka kamu bisa melanjutkannya. Namun, jika hal itu meragukan, sebaiknya ditinggalkan.

Mengapa sebaiknya tidak menginstal aplikasi di luar Playstore? Karena keamanan aplikasinya tidak dapat dipertanggung jawabkan. Tidak jarang, aplikasi yang dibuat itu sudah disisipi oleh malware. Bisa jadi, mereka menyadap kamu, mencuri data-data penting kamu dan sebagainya. Untuk itulah, sebagai cara melindungi HP Android dari malware dan virus, sebaiknya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya.

2. Selalu Update OS Android Kamu

Sistem operasi Android yang bersifat sumber terbuka bebas dimodifikasi oleh siapapun. Oleh karena itu, perkembangannya pun sangat cepat, karena selalu dibantu oleh kontributor di seluruh dunia. Nah, setiap terjadi perubahan versi, maka usahakan kamu selalu update secepatnya. Pastinya, di versi terbaru itu disertakan fitur-fitur keamanan yang terbaru dan lebih canggih. Kita harus tahu, segala sesuatu itu tidaklah sempurna. Nah, dalam Android pun pasti selalu ada bug atau celah pada setiap versinya. Di versi update-nya, celah tersebut akan ditambal.

Periksa sistem operasi yang kamu gunakan sekarang. Jika memang belum update ke versi terbaru, segera lakukan update, sebelum semuanya terlambat. Kamu bisa masuk ke menu settings > about phone > system updates.

3. Aktifkan Fitur Keamanan

Fitur keamanan pada ponsel Android kamu bisa menjadi sangat penting, sebagai cara melindungi HP Android dari malware dan virus.

Sebetulnya, fitur ini sudah secara default ditetapkan sebagai pengaturan pada ponsel Android kamu. Namun, jika kamu meragukannya, kamu bisa cek ulang dengan masuk ke setting > security > verify apps (centang). Selain itu, hilangkan centang pada menu unknown source untuk mencegah instalasi dari sumber aplikasi yang tidak dikenal.

Jika fitur keamanan ini diakitfkan, maka kamu akan diperangatkan oleh ponsel jika aplikasi yang akan kamu instal bersumber dari yang tidak jelas. Selain itu, akan ada peringatan tentang kemungkinan bahaya dari aplikasi tersebut.

4. Perhatikan App Permission (Izin Aplikasi)

Di ponsel Android, setiap aplikasi yang akan diinstal, maka akan ditunjukan permintaan izinnya. Entah itu meminta izin untuk bisa mengakses kamera, media, pesan teks dan sebagainya, tergantung dari fungsi aplikasi itu sendiri.

Nah, perhatikan aksesnya. Misalnya, sebuah aplikasi video meminta izin untuk bisa mengakses kontak atau SMS, tentu hal ini tidak masuk akal. Jika kita tidak yakin dengan hal tersebut, kita bisa mengurungkan niat untuk menginstalnya. Namun jika kamu tetap ingin menginstalnya, kamu bisa tidak mengubah izin aksesnya. Caranya dengan masuk ke settings > App > App Permission

Izin aplikasi ini hanya bisa didapatkan untuk aplikasi-aplikasi yang kita dapatkan dari Google Playstore. Untuk itu, memang paling aman deh menggunakan aplikasi yang kita dapatkan dari Google Playstore.

5. Pasang Aplikasi Anti Malware & Virus

Perlindungan terakhir sebagai cara melindungi HP Android dari malware dan virus adalah dengan menginstal aplikasi anti malware dan virus. Seperti halnya pada PC atau laptop, antivirus merupakan salah satu aplikasi yang bisa dibilang penting. Cara ini berfungsi untuk mencegah secara dini tindakan malware dan virus yang sangat merugikan.

Salah satu aplikasi yang disarankan adalah ESET Mobile Security & Antivirus yang bisa kamu download di sini. Aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik dan memiliki banyak feedback positif.

Tinggalkan Balasan