Setelah membahas mengenai hard reset Vivo, untuk tips selanjutnya bagaimana cara hard reset hp Xiaomi untuk semua tipe? Sebenarnya untuk bisa melakukan reset terhadap hp Xiaomi maupun merk hp lainnya tidaklah sulit. Namun memang ada beberapa hal yang berbeda, seperti langkah-langkahnya maupun nama dari menu yang harus diklik.

Kita semua tahu bahwa Xiaomi merupakan merk asal Tiongkok yang sekarang sudah menjadi salah satu merk hp terbaik, khususnya di Indonesia. Alasan mengapa banyak orang menjatuhkan pilihanya pada Xiaomi adalah karena harganya yang terjangkau. 

Tidak sampai di situ, spesifikasi hp Xiaomi pun juga terbilang bagus dan menjadi salah satu hp rekomendet untuk bermain game apapun di Play Store. Meskipun spesikasi dan kualitas dari ponsel Xiaomi tidak kalah dengan merk yang lain. Akan tetapi bukan berarti hp ini tidak bisa mengalami masalah.

Biasanya problem yang mengharuskan hp xiaomi itu harus di reset ulang seperti halnya xiaomi mengalami lupa pola, lupa akun MI Cloud, hp xiaomi terkunci, bahkan juga bootloop. Permasalahan yang terjadi sebenarnya juga bisa dialami oleh hp merk lain yang memaksa kita untuk melakukan hard reset. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini akan kami terangkan cara hard reset hp Xiaomi untuk semua tipe.

Cara Hard Reset HP Xiaomi All Series 2019

1. Cara Reset Ulang Xiaomi Redmi Semua Tipe

Untuk penjelasan pertama ini bisa dilakukan hanya ketika smartphone Anda masuk homesceen atau masih bisa masuk ke menu utama. Berikut ini langkah-langkah yang arus Anda lakukan ketika ingin melakukan reset ulang/factory reset hp Xiaomi

  • Pertama Anda harus masuk ke menu pengaturan atau settings pada ponsel Anda.
  • Kemudian Anda harus memilih setelan tambahan.
  • Langkah selanjutnya yaitu Anda harus memilih buat cadangan dan setel ulang.
  • Lalu, Anda harus memilih kembalikan ke setelan pabrik, selanjuntya adalah pilihlah setel ulang telepon. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi dengan cara memilih hapus.
  • Selanjutnya Anda tinggal menunggu karena proses akan berjalan secara otomatis. Tunggu beberapa menit sampai proses hard reset selesai. Jika sudah selesai, smartphone Anda akan otomatis melakukan restart ulang.

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa cara di atas juga bisa Anda terapkan untuk hp merk lain. Yang terpenting Anda bisa menyesuikan kira-kira menu atau tulisan mana yang harus Anda klik karena biasanya tulisannya cenderung berbeda, namun memiliki fungsi yang sama.

Baca Juga: Cara Hard Reset Samsung

2. Cara hard reset Xioami All Series tanpa PC

cara hard reset hp xiaomi via recovery

Cara kedua yang akan kami terangkan adalah cara mereset smartphone Xiaomi tanpa harus menggunakan komputer atau laptop. Jangan khawatir untuk hasilnya tidak akan mengecewakan karena reset ulang hp tanpa PC malah lebih mudah dan tidak ribet. Berikut ini kami sudah memiliki beberapa langkah yang harus Anda ikuti agar proses instal ulang hp xiaomi Anda berjalan dengan lancar.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mematikan perangkat Anda. Ingat, dimatikan dan bukan direstart.
  • Langkah kedua bersiaplah untuk menekan tombol kombinasi power + volume up dalam waktu yang bersamaan sampai nanti Anda akan melihat logo Xiaomi. Di sini nanti Anda akan dibawa menuju tampilan Mi Recovery.
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan memilih bahasa mana yang akan Anda gunakan. Anda bisa memilih antara bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan selera Anda.
  • Kemudian mulailah untuk melakukan wipe data atau hard reset. Bagaimana caranya? Anda harus memilih wipe data, selanjutnya Anda pilih wipe all data. Jangan lupa untuk mengklik yes sebagai bukti bahwa Anda sudah mengkonfirmasi pengaturan yang sedang Anda lakukan sekarang.
  • Di sini Anda tinggal menunggu sampai sistem selesai melakukan factory reset. Biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa menit sehingga Anda harus bersabar.

Baca Juga: Cara Flash HP Xiaomi Redmi 6 Pro

3. Cara factory reset Xiaomi semua tipe

Untuk penjelasan tentang bagaimana cara hard reset Xiaomi yang ketiga bisa Anda lakukan melalui beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan melalui menu pengaturan. Artinya, Anda tidak perlu mematikan smartphone Anda untuk bisa melakukan pengaturan ini. 

Di bawah ini kami sudah memiliki beberapa langkah yang harus Anda ikuti jika ingin mencoba cara yang satu ini. Sekedar informasi bahwa cara ini bisa dilakukan untuk semua tipe Xiaomi, baik yang keluaran lama maupun keluaran terbaru.

  • Pertama-pertama Anda harus masuk ke menu pengaturan atau menu setelan di smartphone Anda. Menu ini biasanya ditandai dengan ikon seperti gear.
  • Kedua, Anda harus masuk ke pengaturan atau setelan tambahan atau juga kebetulan smartphone Anda menggunakan bahasa Inggris, maka Anda harus memilih additional settings.
  • Langkah ketiga yang harus Anda lakukan yaitu dengan memilih backup and reset. Apa tujuan melakukan backup? Tujuannya adalah untuk menjaga data-data penting Anda agar supaya tidak sampai hilang karena proses reset biasanya akan langsung menghapus data yang tidak disimpan.
  • Langkah keempat adalah Anda harus memilih factory data reset atau jika menggunakan bahasa Indonesia berarti kembalikan ke setelan pabrik
  • Langkah terakhir yaitu tinggal klik reset phone. Proses reset akan berjalan otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukan apapun terhadap smartphone Anda.
  • Jika sudah selesai, maka Xiaomi Anda akan tiba-tiba melakukan booting sampai nanti kembali lagi ke menu utama. Biasanya proses booting ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar jadi Anda harus sabar menunggu.
  • Ketika proses telah selesai, ponsel Anda benar-benar akan kembali seperti sediakala dan tidak jauh berbeda dengan hp yang baru Anda beli.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mulai melakukan proses reset hp xiaomi, antara lain:

  • Pastikan Anda melepas memori eksternal (jika ada).
  • Pastikan bahwa Anda sudah membackup seluruh data sebelum menjalankan reset.
  • Anda harus memastikan bahwa kapasitas baterai masih banyak atau 100% lebih baik. Jangan sampai ketika proses reset malah hp Anda mati yang bisa berakibat smartphone mengalami masalah kegagalan sistem.

Jika masih kurang paham, bisa dengan menonton video dibawah ini

Baca Juga: Cara Mengatasi Gagal Update ROM Xiaomi