cara hard reset hp Oppo

Bagaimana cara hard reset hp Oppo untuk semua series? Oppo merupakan salah satu merk hp terkenal, terlebih di Indonesia. Memang di awal kemunculan hp Oppo masih kurang mendapatkan banyak respojn positif. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu hp ini semakin banyak digemari.

Hal ini dikarenakan Oppo menawarkan berbagai macam kelebihan dibandingkan merk hp yang lainnya seperti hp Samsung yang sudah menjadi merk terkenal selama bertahun-tahun. Oppo menawarkan spesifikasi yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi, kualitasnya tidak kalah dibandingkan dengan merk hp lainnya. Inilah yang menjadikan Oppo sebagai salah satu brand terkenal dan sudah memiliki banyak penggmar. Apalagi Oppo tidak berhenti mengeluarkan produk mereka yang beberapa diantaranya sempat viral.

Cara Hard Reset HP Oppo Semua Tipe

Meskipun begitu, baik Oppo maupun merk lain jika tidak digunakan dengan bijak maka bisa menimbulkan berbagai macam permasalahan. Permasalahan yang dialami tersebut menuntut smartphone untuk dilakukan reset dan atau dikembalikan seperti kondisi semula. 

Maka dari itu, berikut ini kami sudah memiliki beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hard reset smartphone Oppo. Namun perlu diingat bahwa sebelum melakukan ini pastikan Anda sudah membackup seluruh data pada ponsel Anda. Tujuannya agar data-data penting Anda tidak sampai hilang selama proses reset ulang.

1. Cara factory reset Oppo semua model

Cara pertama yang akan kami berikan kepada Anda merupakan sebuah cara umum yang banyak orang sudah menggunakannya. Cara ini bisa disebut juga dengan kembali ke setelan pabrik Oppo. Langkah hard reset hp Oppo ini bisa langsung Anda terapkan dengan catatan permasalahan pada hp Anda masih memungkinkan Anda untuk bisa menjelajahi menu utama dan pengaturannya.

Biasanya kondisi ini hanya akan membuat hp Anda lemot ketika digunakan. Namun Anda masih bisa masuk ke menu Home dan mengoperasikannya. Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat memperbaiki permasalahan pada smartphone Oppo tersebut:

  • Langkah pertama yaitu Anda masuk ke menu Settings atau Pengaturan yang ada di hp Oppo. Biasanya menu ini ditandai dengan tanda seperti gear.
  • Selanjutnya Anda harus memilih Backup and Reset. Tujuannya apa? Tujuannya untuk mengamankan data-data penting Anda agar tidak sampai hilang karena proses ini akan menghapus data-data yang tidak Anda simpan.
  • Di menu Reset tersebut nanti Anda akan menemukan Reset Phone dan Anda tinggal pilih saja.
  • Bagi Anda yang ingin menghapus seluruh data, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih Erase Everuthing
  • Anda tinggal menunggu beberapa saat karena proset reset sedang berlangsung. Hal ini bisa memakan waktu beberapa saat.
  • Ketika hp Oppo berhasil direset, maka hp Anda akan restart sendiri dan tinggal menunggu sampai benar-benar masuk ke menu utama.

2. Cara hard reset Oppo melalui recovery

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan mode recovery Oppo. Perlu Anda pahami bahwa cara ini dipilih ketika kondisi smartphone membuat Anda tidak bisa masuk dan mengakses menu utama. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya sehingga memaksa Anda untuk melakukan reset hp Oppo seperti halnya lupa pola, lupa sandi, eror, dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, cara ini juga bisa Anda pilih ketika smartphone masih bisa mengakses menu utama. Berikut ini langkah-langkah yang akan kami jelaskan dan Anda harus perhatikan baik-baik agar proses hard reset Oppo berjalan lancar.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mematikan smartphone Anda. Sebelum melakukan cara ini pastikan Anda sudah melepas kartu SIM dan juga memori ekstenal jika ada.
  • Langkah kedua, Anda harus menekan tombol kombinasi berupa Tombol Power dan Tombol Volume Bawah dalam waktu yang bersamaan. Jika berhasil, Anda akan dibawa ke tampilan menu recovery hp Oppo.
  • Langkah ketiga, Anda harus memilih bahasa Inggris atau bahasa Indonesia sesuai keinginan. Anda bisa memanfaatkan tombol navigasi yang ada seperti tombol volume dan juga tombol power sebagai pengganti tombol OK alias untuk memilih.
  • Langkah keempat, pilhlah Wipe and Cache. Jika sudah memilih, maka tinggal klik OK dengan menekan tombol power seperti yang kami jelaskan sebelumnya.
  • Jika sudah selesai, maka langkah kelima adalah dengan memilih Reboot smartphone.
  • Proses ini pun juga akan memerlukan beberapa saat sehingga mau tidak mau memang Anda harus menunggunya. Proses reboot di sini pun cenderung lebih lama dengan proses reboot pada umumnya karena hp Anda memang benar-benar akan memulai dari baru.

3. Cara hard reset Oppo tidak bisa ke menu utama

Cara hard reset Oppo yang terakhir dipilih pada saat smartphone Anda hanya mentok di logo merek atau mengalami bootloop yang membuat Anda tidak bisa akses masuk ke menu utama. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak baik-baik penjelasan kami berikut ini.

  • Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mematikan smartphone Anda.
  • Kemudian tunggu sekitar 5 detik setelah hp sudah mati dan Anda hidupkan kembali dengan menggunakan tombol kombinasi Tombol Power dan juga Tombol Volume Bawah. Tekan terus sampai smartphone Anda menyala.
  • Jika Anda berhasil melakukannya, nanti Anda akan dibawa masuk ke tampilan recovery smartphone. Anda bisa memilih bahasa Inggris atau bahasa lain sesuai dengan keinginan Anda.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan memilih Wipe and Cache. Jika Anda tidak bisa memilih Wipe and Cache, Anda bisa menggunakan tombol navigasi berupa tombol volume untuk memilih atas dan bawah. Anda juga bisa menggunakan tombol Home untuk tombol OK atau memilih pilihan yang Anda inginkan.
  • Jika Anda sudah memilih Wipe and Cache, maka proses instal ulang smartphone Oppo mulai bekerja. Proses ini sebenarnya ada yang cukup lama dan ada yang sebentar. Anda hanya perlu menunggunya saja sampai nanti smartphone reboot otomatis  dan masuk kembali ke menu utama atau menu home.

Itulah cara mudah dan singkat hard reset/instal ulang hp oppo terbaru. Ikuti beberapa langkah diatas agar hp oppo anda yang mengalami masalah  normal kembali.