Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5A Dengan Mi Flash Tool

0
27
cara flash xiaomi redmi note 5a dengan mi flashtool

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 5A. Seperti yang kita tahu, Xiaomi merupakan salah satu vendor ponsel terkemuka yang kini bersaing ketat dengan ponsel-ponsel kelas atas, yang sudah berproduksi lebih lama. Xiaomi sendiri mempunyai berbagai varian dan tipe. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membicarakan tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 4X dengan SP Flashtool.

Salah satu alasan saya menuliskan tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 5A dengan Mi Flash Tool ini, karena tipe ini banyak sekali dimiliki oleh orang Indonesia. Bahkan, tipe ponsel yang satu ini sudah menjadi salah satu favoritnya anak-anak muda.

Terkadang, ponsel yang dimiliki mengalami masalah-masalah yang sulit dipecahkan, solusinya hanya satu, yakni dengan melakukan flashing. Jika pada cara flash untuk Redmi Note 4X kita menggunakan SP Flashtool, maka untuk Redmi Note 5A ini kita akan menggunakan Mi Flashtool.

cara flash xiaomi redmi note 5a dengan mi flashtool

Inilah Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 A Dengan Mi Flash Tool

Sebelum kita mulai, selalu saya tekankan bahwa flashing ini akan memberikan risiko kehilangan data. Untuk itu, lakukan back up terlebih dahulu untuk menyelamatkan semua data-datanya. Bagaimana jika ponselnya mati total? Jika ponsel Anda masih bisa terhubung dengan PC, maka back up masih bisa dilakukan. Di artikel-artikel selanjutnya, saya akan tulis tentang bagaimana cara back up tersebut.

Langkah pertama kita dalam tutorial ini adalah menyiapkan dulu semua peralatan dan bahan-bahannya..

  • Persiapkan PC atau laptop yang akan kamu gunakan untuk mengeksekusi flashing ini.
  • Download software untuk melakukan flashing (Mi Flashtool) di sini.
  • Download USB Driver. Pada tutorial kali ini kita akan gunakan Minimal ADB Fastboot di sini.
  • Download firmware dan pilih Redmi Note 5a di sini.
  • Kabel USB untuk menghubungkan ponsel dengan PC.

Sebelum melakukan proses flashing, kamu harus memastikan bahwa ponsel kamu memiliki baterai 50% atau lebih. Saat proses flashing, ponsel tidak akan terisi baterai, walaupun dihubungkan dengan kabel USB. Selain itu, ponsel Xiaomi kamu harus sudah Unblock Loader (UBL). Kenapa? Karena kalau belum UBL, Xiaomi kamu tidak akan bisa flash ke Global ROM. Jika kamu belum UBL, kamu bisa cari tutorialnya di blog ini juga.

Langkah-langkah Flashing Xiaomi Redmi Note 5A

  • Setelah semua persiapan yang saya sebutkan di atas Anda lakukan, kini saatnya mengekstrak semua file zip yang didownload. Buatlah satu folder khusus, supaya nanti mudah untuk ditemukan.
  • Instal software USB Driver dan Mi Flash yang sudah didownload tadi.
  • Tekan tombol power + volume bawah di ponsel, selama kurang lebih 7 detik untuk masuk ke menu fastboot/download mode.
  • Langkah ini berhasil ditandai dengan munculnya gambar animasi android yang sedang diperbaiki oleh ikon kelinci.
  • Setelah berhasil masuk ke fastbot tersebut, segera hubungkan ponsel Anda dengan PC menggunakan kabel USB.
  • Kini saatnya Anda menjalankan flashing dengan cara menjalankan aplikasi Mi Flashtool yang sudah diinstal tadi.
  • Pilih tombol “select” yang ada di bagian kiri di software Mi Flashtool.
  • Setelah jendela terbuka, arahkan ke folder firmware yang foldernya sudah kita pisahkan tadi.
  • Pada bagian bawah software Mi Flashtool pilih clean all. Kenapa memilih ini? Karena kita ingin ponsel Xiaomi kita seakan-akan baru kembali. Untuk itu, back up data sangat disarankan, karena proses flashing pasti akan membersihkan semua data di dalam ponsel.
  • Klik tombol refresh, maka kode dari device Xiaomi milik kamu bakal terdeteksi di kolom pada aplikasi Mi Flashtool.
  • Setelah itu, tinggal kamu tekan tombol Flash untuk mengeksekusi flashing. Tunggu hingga bar indikator berwarna hijau hingga terisi 100%
  • Tunggu hingga ada tulisan success pada kolom status. Nah, kini proses flashing telah selesai dilakukan.
  • Cabut ponsel Anda dari kabel USB dan nyalakan lagi ponsel Anda. Seperti biasa, ponsel yang baru selesai di-flash akan memakan waktu sekitar 20 menit saat melakukan booting pertama kali.

Masalah dan kendala bisa saja terjadi walaupun Anda sudah menjalankan cara flash Xiaomi Redmi Note 5A dengan sangat sempurna. Jika terjadi kendala, coba Anda ganti firmwarenya atau bisa coba versi Mi Flashtool yang lain.

Semoga artikel diatas mengenai flashing xiaomi redmi note 5a bermanfaat bagi anda semua, jika memang ada yang mau dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan