cara flash hp xiaomi

Sebenarnya cara flash hp Xiaomi tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan cara flash hp Samsung. Hal terpenting yang harus Anda pahami adalah setiap langkah-langkahnya sudah Anda kuasai dengan baik. Kasus kegagalan dalam proses flashing sebenarnya tidak selamanya berkaitan dengan program atau hp itu sendiri. Terkadang orang yang bersangkutan itulah yang kurang menguasai bagaimana cara flash yang benar.

Perlu Anda pahami bahwa flashing merupakan proses yang seolah-olah mengganti atau mengembalikan seluruh sistem pada hp seperti sedia kala. Artinya, sistem pada smartphone Anda akan dikembalikan seperti ketika Anda pertama kali membelinya. Lalu bagaimana dengan aplikasi dan data yang ada di dalamnya?

Jawabannya tentu saja aplikasi maupun seluruh data yang Anda miliki akan lenyap. Mengapa? Karena memang proses ini benar-benar akan mengubah sistem pada ponsel pada kondisi yang sama seperti ketika pertama kali membelinya yang tidak jauh berbeda dengan melalukan hard reset Xiaomi.

Berikut ini kami akan menjelaskan tutorial bagaimana cara instal ulang hp Xiaomi. Cara yang kami bagikan ini merupakan cara yang sebenarnya bisa diterapkan untuk semua tipe hp Xiaomi. Mungkin langkah-langkahnya saja yang memiliki nama yang berbeda.

1. Cara Flash HP Xiaomi Menggunakan Mi Flash

cara flash hp xiaomi via mi flash

Sebelum membahas tentang cara pertama ini, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu Mi Flash. Mi Flash atau Mi Flash Tools adalah aplikasi yang sudah disediakan oleh Xiaomi Mobile Inc secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepesen pun ketika ingin menggunakannya.

Namun yang bisa menggunakan Mi Flash Tools hanya smartphone Xiaomi yang sudah dilengkapi dengan Sistem of Chip atau SoC Qualcomn Snapdragon. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan Mi Flash Tools.

  • Langkah pertama yaitu Anda harus memasang aplikasi ini. Jangan lupa untuk memasang drivers Mi Flash juga karena jika Anda sampai lupa maka sudah pasti program yang ada di dalamnya tidak bisa Anda jalankan.
  • Langkah kedua, Anda harus mendownload ROM dan juga mengekstraknya. Perlu dipahami bahwa proses mengunduh ROM tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Maka dari itu, pastikan bahwa koneksi internet Anda cepat dan stabil agar proses mendownload bisa selesai dengan cepat.
  • Biasanya ROM yang Anda download hadir dalam format .rar. Oleh karena itu, Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu. Ekstrak dan simpan di tempat yang sekiranya tidak membuat Anda lupa ketika nanti ingin mencarinya.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan mematikan smartphone Anda. Jika sudah mati, maka nyalakan kembali sampai nanti masuk ke mode fastboot.
  • Selanjutnya, Anda tinggal menjalankan program Mi Flash Tools dan juga flashing. Proses flashing hp akan mulai bekerja dan Anda harus menunggunya beberapa saat. Biasanya proses ini membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda harus bersabar.
  • Jika sudah selesai, Anda harus merestart smartphone Anda dan tunggulah sampai nanti benar-benar masuk ke tampilan awal.

Ada informasi penting yang harus Anda ingat baik-baik yang berkaitan dengan sebelum Anda melakukan flash Xiaomi. Informasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa semua data di smartphone sudah Anda backup atau sudah Anda pindahkan ke perangkat lain.
  • Anda harus memastikan bahwa koneksi internet berjalan lancar, cepat, dan stabil.
  • Pastikan juga bahwa smartphone memiliki kapasitas penyimpanan yang masih besar.
  • Yang tidak kalah penting, hp Anda tidak dalam kondisi baterai di bawah 50%. Sebaiknya Anda isi dayanya hingga mencapai minimal 75% dan barulah proses flashing bisa dilakukan dengan tenang.

2. Cara install ulang hp Xiaomi tanpa boot loader

reset xiaomi tanpa pc

Apa itu boot loader? Boot loader memiliki peran yang sangat penting untuk semua hp yang menggunakan sistem operasi android. Boot loader berada di chip flash eMMC yang di dalamnya masih dibagi ke dalam beberapa bagian. Booat loader akan langsung menjalankan tugasnya ketika smartphone pertama kali dinyalakan.

Boot loader juga memiliki hak untuk menentukan mana saja kode yang boleh berjalan di hp Anda. Berikut ini cara flash hp Xiaomi yang akan kami terangkan tanpa harus unlock boot loader.

  • Langkah pertama yaitu Anda harus mendownload ROM. Anda bisa mendownload langsung di menu yang tersedia untuk mendownload ROM. Anda juga bisa mendownload ROM sendiri di internet. Yang terpenting pastikan ROM yang Anda download adalah ROM global.
  • Langkah kedua yaitu Anda harus mentranfer file yang sudah Anda download tadi yang biasanya berbentuk .zip untuk kemudian dipindahkan menuju folder downloaded_rom yang sudah tersedia di media penyimpanannya.
  • Setelah itu, Anda harus membuka aplikasi updater yang terdapat di ponsel Xiaomi Anda. Di bagian pojok kanan atas, Anda harus memilih Choose Update Package dan kemudian pilihlah ROM yang sebelumnya sudah Anda download tersebut.
  • Pada tahap ini seharusnya smartphone Anda sudah mulai melakukan proses upgrading. Proses ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama jadi harap bersabar. Anda bisa melakukan aktivitas yang lainnya sambil menunggu smartphone selesai menjalankan proses flashing.
  • Namun yang perlu dilihat juga tentang kapasitas baterainya. Mungkin Anda bisa sambil mengisi dayanya meskipun akan lebih baik jika sebelumnya Anda sudah mengisi dayanya hingga 100%.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan mengenai bagaimana cara flash hp Xiaomi semua tipe. Seperti yang Anda perhatikan bahwa cara tersebut tidaklah sulit dan bisa dikatakan sama dengan instal ulang vivo dan berbagai merk smartphone android lainnya.

Cara ini juga bisa diterapkan untuk semua tipe smartphone. Yang perlu diperhatikan yaitu Anda benar-benar paham dan tahu langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar proses cara flashing Hp Xiaomi berhasil dilakukan.

Video lengkap cara instal ulang/flash HP Xiaomi dengan Mi Flash