cara flash hp oppo

Bagaimana cara flash hp Oppo untuk semua tipe? Permasalahan pada smartphone Oppo sebenarnya juga dialami oleh hp merk lainnya. Salah satu permasalahan yang muncul tersebut adalah hp mengalami bootloop. Kondisi ini merupakan permasalahan dimana hp Oppo hanya mengeluarkan logo Oppo ketika hendak dinyalakan.

Tentunya permasalahan yang seperti ini tidak bisa membuat anda masuk ke menu utama. Permasalahan lain yang kerap dialami adalah pengguna lupa password atau kunci pada hpnya. Meskipun sekarang hal tersebut masih bisa diantisipasi dengan teknologi finger print atau sidik jari. Namun bagaimana dengan hp Oppo lama yang tidak memiliki fitur ini?

Belum lagi dengan masalah lain dimana hp Oppo lemot yang membuat kita kesulitan menggunakannya untuk chatting, telfon, membuka media sosial, bahkan hp lag saat main game. Untuk itulah kami sudah menyiapkan bagaimana cara mengembalikan ke kondisi semula agar bisa anda gunakan dengan normal kembali.

Cara Flash HP Oppo Dengan Mudah

Dengan melalui penjelasan yang kami berikan diharapkan anda bisa memperbaiki permasalahan pada hp anda tersebut dengan melakukan instal ulang. Cara flashing atau hard reset Oppo yang kami bagikan bukanlah cara yang sulit. Anda yang mungkin baru pertama kali mencobanya pun bisa melakukannya sendiri asalkan benar-benar mengikuti sesuai instruksi yang diberikan.

1. Cara instal ulang hp Oppo tanpa PC

Sekedar informasi bahwa flashing hp merupakan cara untuk mengembalikan kondisi hp seperti setelan atau pengaturan pabrik alias default. Cara ini dipilih ketika semua cara sudah tidak bisa dilakukan. Cara ini juga dipilih ketika ‘penyakit’ pada ponsel sudah sangat parah dan menjalar kemana-mana.

Flashing hp Oppo bisa anda lakukan tanpa harus menggunakan bantuan komputer. Nah, sekarang bagaimana cara yang harus anda lakukan untuk mengembalikan kondisi hp anda agar seperti sebelumnya? Silahkan anda ikuti langkah-langkah yang kami bagikan dengan baik-baik dan teliti.

  • Anda harus menyiapkan firmware Oppo

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan firmware Oppo. Bisa dikatakan bahwa firmware Oppo merupakan bahan utama dan bahan yang harus disiapkan pertama kali sebelum melangkah ke step yang lainnya. Untuk bisa mendapatkan firmware-nya, anda bisa langsung mengunjungi website resmi Oppo Indonesia.

Namun, bagi anda yang mungkin kesulitan dan ingin cara yang lebih cepat. Maka dapatkan firmware tersebut di web-web yang sudah tersedia. Anda tinggal memilih website tersebut dan tentukan mana yang menjadi tujuan mengunduh firmware. Tapi tenang kami tetap berikan situs penyedia firmware Oppo yang bisa di unduh sekarang juga.

Link Download Firmware Oppo Semua Tipe Lengkap
  • Masukkan firmware ke smartphone

Jika anda sudah selesai mendownload firmware. Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah proses pemasukan firmware Oppo ke smartphone. Anda bisa menentukan sendiri kira-kira ingin memasukkan firmware ke memori eksternal atau menyimpannya di memori internal.

Namun, bagi anda yang ingin menyimpan di memori internal harus memastikan bahwa kapasitas penyimpannya masih lebih dari cukup. Jangan sampai malah menyimpan di memori internal yang hanya akan membuat smartphone mengirimkan notifikasi “memori perangkat penuh“.

  • Proses flashing Oppo

Cara instal ulang hp Oppo yang ketiga adalah mulai memasuki proses flash Oppo dengan tombol power dan volume. Namun sebelum itu, anda pastikan bahwa baterai hp anda masih sisa banyak, yaitu kira-kira di atas 75%. Jika di bawahnya, kami sarankan untuk mengisi dayanya terlebih dahulu.

Selanjutnya anda harus mematikan smartphone. Jika ternyata smartphone tidak bisa mati karena masalah bootloop tadi. Copot baterainya dan pasang kembali. Untuk hp yang menggunakan baterai tanam, anda harus berhati-hati melakukannya dan jangan lepas dengan tangan anda jika anda sendiri  tidak berpengalaman. Biasanya walaupun baterai hp tanam, dengan cara dibawah ini hp akan tetap bisa masuk ke mode recovery android.

Langkah selanjutnya, dalam keadaan hp Off tekan tombol power + volume down dalam waktu yang bersamaan. Anda harus menekannya terus sampai nanti logo Oppo akan muncul. Kemudian anda akan dibawa menuju sebuah tampilan yakni recovery mode. Anda bisa menentukan dengan bebas kira-kira ingin menggunakan bahasa Inggris atau bahasa yang lainnya.

Jika sudah memilih bahasa, maka selanjutnya anda harus memilih wipe and cache dengan tujuan membuat flashing berjalan dengan normal dan bersih. Jika sudah, anda tinggal menekan install dengan menentukan firmware yang sebelumnya sudah anda download.

Proses ini membutuhkan waktu agak lama. Jika sudah selesai, anda bisa memilih reboot, maka smartphone akan otomatis menjalankan proses reboot. Sekedar inforrmasi bahwa anda bisa menggunakan tombol power untuk OK dan tombol volume untuk navigasi atas dan bawah.

2. Cara flash hp Oppo yang gagal masuk menu  utama (Bootloop)

cara wipe data factory reset oppo

Cara flash hp Oppo yang akan kami jelaskan kali ini merupakan solusi bagi smartphone anda yang gagal masuk ke menu utama, istilah populernya hp  bootloop. Kalaupun ternyata berhasil masuk, hp anda sangat lemot sehingga untuk mengklik salah satu menu saja anda benar-benar mengalami kesulitan.

Lalu bagaimana solusi factory reset untuk hp Oppo anda tersebut? Berikut ini jawabannya:

  • Pertama, pastikan smartphone anda dalam kondisi mati. Jika pada proses mematikan hp ternyata hanya muncul logo Oppo, maka matikan dengan mencopot baterainya.
  • Kedua, nyalakan hp anda dengan menekan tombol power + tombol volume down dalam waktu yang bersamaan. Jika berhasil, anda akan masuk menuju tampilan recovery.
  • Ketiga, pilihlah bahasa sesuai selera anda.
  • Keempat, pilih wipe and cache. Gunakan tombol volume atas dan bawah sebagai tombol navigasi. Anda juga bisa menggunakan tombol power sebagai tombol ok.
  • Kelima, proses flashing akan otomatis berjalan. Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai proses flashing selesai.
  • Keenam, jangan lupa memilih reboot dimana hp anda akan restart. Tunggulah sampai hp Oppo anda masuk ke tampilan utama.

jika masih kurang paham bisa dengan menonton video dibawah ini