Cara Downgrade Android Tanpa Ribet

0
85
cara downgrade android

Sudahkah anda tahu bagaimana cara downgrade android? Mungkin kebanyakan dari anda lebih mengenal istilah upgrade dibandingkan dengan mendengar downgrade. Padahal, kedua hal ini merupakan dua hal yang ibarat dua sisi koin. Tidak semua downgrade berarti negatif karena terkadang orang melalukan downgrade karena kebutuhan yang memang tidak bisa dihindari.

Lalu bagaimana cara downgrade android? Sebelum kami memberikan penjelasan tentang hal tersebut, kami akan lebih dulu menjelaskan apa itu pengertian dari downgrade. Dengan begitu, anda bukan hanya paham tentang bagaimana cara melakukannya. Namun anda juga paham tentang seperti apa pengertian dari downgrade tersebut.

Apa Itu Downgrade?

Mungkin anda sudah tahu bahwa pada dasarnya downgrade merupakan kebalikan dari upgrade. Downgrade merupakan istilah yang dipakai ketika anda mengembalikan sistem seperti semula sebelum anda melakukan upgrade. Maksudnya, anda mengembalikan kondisi sistem hp sama persis seperti kondisi sebelum anda melakukan pembaruan sistem.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang harus melakukan downgrade versi android mereka. Ada yang memang merupakan kebutuhan demi menjalankan aplikasi yang penting. Akan tetapi, ada juga yang terpaksa melakukan downgrade karena hp malah sering error, seperti bootloop, dan mengalami bug yang tidak di inginkan. Bahkan meskipun sudah dilakukan penanganan terhadap bootloop tersebut tetap tidak berhasi.

Beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang harus melakukan downgrade antara lain:

  • Kapasitas memori internal yang tidak cukup: Hal ini tidak jarang dialami oleh para pengguna android. Ketika mereka sudah melakukan upgrade ternyata ROM-nya sudah penuh. Maka dari itu, mau tidak mau harus segera dilakukan downgrade.
  • Sistem tidak berjalan dengan baik: Tidak semua downgrade berjalan dengan lancar. Jika langkah atau ada bagian yang salah, maka bisa menyebabkan sistem android mengalami masalah. Bahkan, bisa menyebabkan hp anda sering restart atau mati total.

Maka dari itu, di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara downgrade android yang mudah. Dengan begitu, anda bisa membuat hp anda tidak error dan bisa mengoperasikan hp anda dengan nyaman.

1. Cara downgrade android Xiaomi

cara downgrade android

Cara downgrade android yang pertama akan kami jelaskan adalah untuk para pengguna Xiaomi. Kita tahu bahwa Xiaomi menggunakan sistem android yang bernama MIUI. Xiaomi akan secara berkala mengupdate-nya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Setiap sistem android yang baru akan memiliki beberapa kelebihan.

Bahkan kelebihan yang dimiliki membuat para pengguna Xioami ingin segera mengupgradenya. Akan tetapi, terkadang setelah diupgrade, hp malah sering mengalami masalah. Dengan begitu, pengguna tersebut terpaksa melakukan downgrade.

Di bawah ini contoh penjelasan downgrade versi android xiaomi dari MIUI 10 ke MIUI 9. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Anda harus mendownload MIUI 9 yang ada di halaman resmi Xiaomi. Ingat, pastikan anda mendownload file yang berbentuk zip. Anda juga harus memastikan file yang anda download tersebut sesuai dengan tipe hp anda.
  • Kemudian, anda harus memindahkan miui_zip yang sudah anda download menuju folder “downloade_rom” yang biasanya ada di memori internal. Tidak perlu bingung karena anda sudah pasti menemukannya.
  • Kemudian, anda harus menjalankan sebuah aplikasi bernama¬†updater yang merupakan aplikasi sistem bawaan.
  • Anda harus mengklik tombol berupa tiga titik yang posisinya berada di kanan atas. Kemudian anda harus memilih¬†choose update package.
  • Langkah selanjutnya, anda harus memilih file yang sudah anda pindahkan tadi. Proses akan berjalan secara otomatis sampai nanti selesai dengan sendirinya.
  • Ingat, pastikan baterai hp anda dalam kondisi penuh karena proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  • Setelah selesai, jangan lupa restart.

Baca Juga: Perbedaan Garansi Distributor Dan Garansi Resmi Tam Pada Xiaomi

2. Cara downgrade android Samsung

cara downgrade android

Bukan hanya para pengguna MIUI, mereka yang menggunakan android juga mengalami masalah yang sama. Kali ini akan kami jelaskan tentang bagaimana cara downgrade android Samsung dengan OS Marshmallow menunju Lolipop. Namun, cara ini juga bisa diterapkan dengan pengguna sistem android yang lainnya. Asalkan anda paham apa yang harus anda lakukan.

  • Siapkan peralatan seperti laptop atau PC, kabel USB, dan hp android Samsung anda. Misal anda menyiapkan Samsung J5.
  • Kemudian, anda harus mengunduh 3 aplikasi yang sangat penting. Aplikasi inilah yang berperan di dalam melakukan downgrade. Adapun aplikasi yang anda download tersebut adalah ODIN V.3, Samsung USB, dan juga OS J500G Lolipop. Ingat, pilihlah yang berbasa Indonesia.
  • Setelah itu, anda harus mengecek semua file yang anda download agar tidak sampai rusak pada saat dilakukan downgrade.
  • Lepas semua SIM Card dan memory card.
  • Anda harus menginstall Samsung USB Driver dan langsung buat hp anda tersebut masuk ke Recovery Mode.
  • Kemudian, pilihlah Wipe Data/Factory Reset. Pilih YES.
  • Pilihlah Wipe Cache Partition, kemudian anda pilih YES.
  • Reboot
  • Langkah selanjutnya, colokkan hp anda ke komputer dengan menggunakan USB. Install aplikasi ODIN V.3 di komputer anda.
  • Jangan lupa menceklis ‘auto reboot’ dan ‘F.Reset Time’. Kemudian anda klik AP. Cari file Lolipop yang sudah anda download tadi.
  • Tunggu sampai OS tersebut terdeteksi dan masuk di ODIN. Jika sudah, tinggal klik Start.
  • Tunggu sampai proses selesai dan kemudian anda bisa langsung merestartnya.
  • Tanda bahwa cara anda berhasil bisa dilihat dari tanda hijau yang muncul dari ODIN V.3 tersebut yang ada di kiri atas. Jika memang selesai dan berhasil, barulah anda bisa mencabut kabel USB.
  • Nanti android tersebut akan meminta pengaturan seperti anda pertama kali melakukan pengaturan android.

Demikian penjelasan seputar bagaimana cara downgrade android. Ingat, sebelum melakukan cara ini maka anda harus memindahkan data-data penting anda. Jangan sampai anda lupa karena yang ada malah akan merugikan diri anda sendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bug Media Server Di Hp Android

Tinggalkan Balasan