Pengen tahu cara beli hp dari luar negeri namun masih bingung caranya bagaimana? tenang saya akan jabarkan semua mengenai tutorial, langkah, serta tips aman dan terpercaya dalam membeli hp secara online di situs-situs luar negeri agar dapat digunakan di Indonesia.

Di era kemajuan jaman seperti sekarang ini melakukan kegiatan belanja secara online memang sudah menjadi hal yang umum untuk dilakukan. Di negara kita Indonesia sendiri sudah banyak tersedia situs-situs e-commerce yang dapat digunakan untuk berbelanja produk secara online baik itu produk fisik maupun produk nonfisik.

Namun yang disayangkan terkadang ada beberapa produk yang tidak tersedia di marketplace indonesia. Dengan begitu maka hal yang tepat untuk mencari produk yang tidak tersedia di pasar online Indonesia adalah menggunakan situs-situs belanja online internasional.

Banyak jenis produk yang dapat dibeli dari situs jual beli online di luar negeri seperti halnya smartphone. Berdasarkan judul artikel kali ini, saya akan membahas mengenai panduan dari awal hingga akhir dalam melakukan pembelian hp dari situs pasar online luar negeri.

Apa Saja Yang Wajib Diketahui Sebelum beli HP Dari Luar Negeri?

Nah sebelum membeli produk elektronik seperti halnya smartphone. Ada beberapa hal yang wajib dan harus diketahui agar lancar dan aman saat melakukan pembelian hp dari luar negeri. Apa saja itu? baca di bawah ini ya.

1. Cari Situs Jual Beli Online Luar Negeri Yang Aman Dan Terpercaya

Sebelum membeli smartphone dari situs website luar negeri, alangkah baiknya cek dan lihat riwayat transaksi para costomernya apakah berjalan dengan aman terpercaya. Hal ini dilakukan bila akan membeli hp dari situs toko online biasa.

Namun bila akan membeli hp dari situs jual beli online luar negeri, saya pribadi sangat menyarankan agar membeli hp dari situs marketplace luar negeri yang memang sudah aman dan terperrcaya. Sudah banyak kok beberapa situs luar negeri untuk membeli hp yang aman dan terpercaya karena sudah banyak mendapat ulasan review positif dari para pembelinya.

Baca Juga: Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu

Berikut Ini, Daftar Situs Jual Beli Online Luar Negeri Terpercaya Dan Aman

#Amazon

Amazon adalah salah satu situs toko online luar negeri terbaik dan terpercaya untuk berbelanja barang secara online. Situs ini menjadi salah satu situs marketplace luar negeri terbesar yang berpusat di negara Amerika Serikat.

Walaupun berada di negara Amerika, kita tetap bisa melakukan belanja di situs Amazon tersebut.

Situs Amazon sendiri berdiri sejak tahun 1995 yang dahulunya hanya menjual produk buku. Namun sekarang Amazone telah memperluas lingkup bisnisnya dengan menjual berbagai produk seperti barang elektronik, alat-alat dapur, pakaian, dan masih banyak lagi.

Nah jika tertarik membeli produk di toko online terbesar Amazone ini, bisa kunjungi link berikut ini Amazone.com

#Alibaba

Selain Amazon, situs untuk beli hp di luar negeri yang ke-dua adalah Alibaba. Situs jual beli online Alibaba juga menjadi salah satu e-commerce terbesar dan terpercaya yang dapat digunakan untuk membeli hp.

Tidak hanya produk gedged smartphone saja, di Alibaba juga banyak menyediakan produk lain yang dapat dibeli dan dikirim ke indonesia. Untuk berbelanja di Alibaba, pembayaran bisa mengunakan kartu kredit atau debit ataupun dengan Paypal. Jika tertarik berbelanja di Alibaba, bisa dengan mengunjungi link berikut ini ya Alibaba.com

#Ebay

Didirikan pertama kali pada tahun 1995 di San Jose California Amerika oleh Pierre Omidyar. Ebay juga menjadi salah satu e-commerce terbesar untuk membeli produk elektronik terutama smartphone.

Metode yang dijalankan oleh situs Ebay ini adalah customer ke customer dan business ke customer. Artinya situs ini mirip seperti marketplace terbesar di Indonesia seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia yang produknya juga disediakan oleh para membernya.

Walaupun seperti itu, toko online luar negeri yang satu ini sudah dijamin terpercaya dan terbukti banyak juga orang-orang indonesia yang sering berbelanja di salah satu situs beli hp dari luar negeri ini. Untuk mengunjungi siter tersebut ada di link berikut ini Ebay.com

#Banggood

Selayaknya seperti marketplace luar negeri seperti pembahasan sebelumya. Situs Banggood juga salah satu rekomendasi situs terbaik untuk beli hp. Di situs ini bakal lebih banyak produk elektronik terutama smartphone maupun aksesoris lainya dengan harga yang cukup miring.

Bila anda sedang mencari informasi untuk beli hp murah dari luar negeri, mungkin di Banggood bakal lebih banyak tersedia hp yang dijual dengan harga murah. Penasaran isi produk dari situs beli hp termurah ini? ini lho linknya Banggood.com

2. Cermati Biaya Ongkos Kirim

Setelah mengetahui situs luar negeri yang aman dan terpercaya. Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah jumlah biaya yang dihabiskan untuk mengirim barang sampai ke Indonesia. Melakukan pembelian hp di luar negeri memiliki kendala pada biaya ongkos kirim yang cukup mahal.

Biaya ongkos kirim sendiri dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh dari lokasi pembelian hingga sampai ke alamat lokasi dari pembeli. Jadi sebelum membeli hp secara online dari luar negeri pastikan mampu juga untuk membayarkan bisaya ongkos kirim.

3. Perhatikan Jenis Pembayaran Yang Diberikan

Disaat akan belanja barang secara online di situs luar negeri. Pastinya akan ada beberapa opsi untuk pilihan jenis pembayaran seperti dengan kartu kredit ataupu kartu debit.

Nah jika anda akan membeli hp dari situs jual beli online luar negeri. Pastikan URL dari situs tersebut telah menggunakan tipe https://, maksud dari https pada URL tersebut adalah bahwa menandakan kalau situs tersebut aman untuk di akses karena telah dilindungi dengan sertifikat SSL (Secured Socket Layar).

Selain itu, agar transaksi yang dilakukan lebih aman. Sebaiknya melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu VISA, MasterCard, dan Paypal lebih direkomendasikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Beli HP

4. Selalu Ingat Bahwa Ada Pajak Bea Cukai Barang Impor

Terkena wajib pajak bea cukai sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu yang membeli ponsel dari luar negeri. Umumya barang yang dibeli dari luar negeri akan di cek kuantitasnya dan dilakukan pengecekan dengan ketat.

Pajak bea cukai seperti PPN 10% dan PPH 7,5% dari jumlah total harga ponsel akan keluar jika produk hp yang dibeli mempunyai nilai harga lebih dari $500.

Bagaimana Cara beli HP Dari Luar Negeri Yang Aman Dan Terpercaya?

Untuk cara pembelian sangat mudah, yang terpenting anda memiliki kartu kredit, paypal, atau alat pembayaran lain yang bisa digunakan untuk untuk belanja online di luar negeri. Berikut ini langkahnya

1 . Pilih situs e-commerce luar negeri yang aman dan terpercaya seperti ulasan situs jual beli online terbesar di luar negeri yang sudah di sebutkan diatas.

2. Misal ingin melakukan pembelian hp di situs Amazon, pilih produk hp yang di inginkan lalu lakukan cekout dan selesaikan pembayaran. Total pembayaran tersebut sudah meliputi dengan ongkos kirim.

3. Setelah pembayaran selesai, produk akan dikirim dari jasa pengiriman luar negeri ke dalam negeri indonesia.

4. Jika produk sudah sampai dalam negeri indonesia, produk akan dikemas dan dipindahkan ke gudang

5. Bila sudah berada di gudang, produk akan di cek oleh Dirjen pajak bea cukai namun akan tetap di awasi oleh perusahan jasa pengiriman barang.

6. Produk hp akan di periksa apakah memiliki nilai melebihi $500. Bila melebihi akan terkena pajak PPN 12% dan PPH 7,5% maka pembeli wajib melunasi pembayaran bea cukai dan pajak impor.

7. Setelah pembayaran pajak selesai, maka produk hp akan dikemas dan di kirim ke alamat pembeli.

Cukup mudah dan simpel kan, jika masih bingung dan khawatir untuk melakukan pembelian hp diluar negeri. Bisa dengan menggunakan jasa beli barang dari luar negeri namun dengan menggunakan jasa pembelian pastinya akan ada sedikit biaya tambahan yang dikeluarkan untuk membayar jasa pembelian barang luar negeri tersebut.

Baca Juga: Cara Hitung Pajak Jika Membeli Barang Dari Luar Negeri

Bagaimana Dengan nomor IMEI untuk hp yang dibeli dari luar negeri tersebut? Apakah HP Bisa Langsung Digunakan Di Indonesia?

Biasanya jika barang yang dibeli adalah produk hp, masalah nomor IMEI pasti akan di daftarkan oleh pihak jasa pengirim dari luar negeri tersebut setelah pembayaran keseluruhan telah terselesaikan termasuk pajak bea cukai maupun pajak barang impor itu sendiri.

Namun saya akan tetap memberikan langkah serta antisipasi bila ternyata nomor IMEI ponsel yang dibeli dari luar negeri tersebut belum di daftarkan oleh jasa pegiriman barang.

Cara Mendaftarkan Nomor IMEI HP Yang Dibeli Dari Luar Negeri

Panduan mengenai pendaftaran nomor IMEI berikut ini dapat digunakan bila ternyata ponsel yang dibeli dari situs toko online luar negeri tersebut tidak dapat digunakan karena nomor IMEI tidak terdaftar.

Pendaftaran nomor IMEI bisa dilakukan melalui aplikasi Beacukai yang dapat di download langsung dari Google Playstore maupun Apple App Store. Selain dari Aplikasi, pendaftaran bisa di akses melalui web bea cukai yakni www.beacukai.go.id.

Untuk detail langkah pendaftaran nomor IMEI hp seperti dibawah ini:

1 . Download aplikasi Beacukai dari Playstore maupun Apple App Store atau bisa langsung dengan mengaksel situr resmi dari pemerintah www.beacukai.go.id.

2. Cari menu “Registrasi IMEI“. Silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan data diri lengkap dan detail dari produk hp yang sudah dibeli tersebut.

3. Setelah formulis terisi lengkap, berikutnya akan mendapatkan QR Code dan ID Registrasi.

4. Tunggu petugas bea cukai melakukan scaning QR Code.

5. Ponsel akan otomatis terdaftar dan dapat digunakan di negara Indonesia.

Cukup mudah dalam melakukan pendaftaran nomor IMEI. Yang terpenting adalah jangan sampai salah dalam mengisikan data diri serta spesifikasi dari ponsel tersebut.

Tips Beli HP Dari Luar Negeri

Ada beberapa tips yang harus dipersiapkan sebelum membeli hp di luar negeri. Tips ini saya berikan agar tidak terjadi masalah sehingga proses pembelian maupun transaksi berjalan dengan lancar hingga hp bisa digunakan di Indonesia.

1 . Wajib Persiapkan NPWP

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP sendiri nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran pajak ke dirjen bea cukai saat ponsel telah masuk di dalam negeri Indonesia.

2. Sediakan Dana Lebih Dari Harga HP

Tujuan utama dalam menyiapkan dana lebih adalah untuk keperluan pajak dan lain-lainya. Jadi misal ketika anda hendak membeli hp Xiaomi berprosesor Snapdragon 865 yang memiliki harga diatas $500, maka paling tidak harus tersedia uang lain kurang lebih Rp 10 juta – 12 Jutaan.

3. Pilih E-Commerce Luar Negeri Terpercaya Dan Memiliki Harga HP Yang Cukup Murah

Untuk tips yang ketiga ini dapat bermanfaat bila sedang mencari informasi mengenai hp murah dari luar negeri. Untuk mencari harga hp di luar negeri yang murah. Caranya cukup mudah, yakni tinggal membadingkan harga hp dari satu situs ke situs lain.

Misal bila anda melihat harga hp di marketplace Amazon sebesar $400, silahkan cek situs lainya seperti Alibaba, Ebay, ataupun Banggood.

Biasanya harga yang dibandrol antara satu situs satu dan situs lainya memiliki harga yang cukup ada perbedaan. Yang dapat membedakan dari Hal tersebut bisa jadi dikarenakan lokasi situs e-commerce tersebut berbeda-beda.

4. Usahakan Pembayaran Menggunakan Kartu VISA, Mastercard, Ataupun Paypal

Bila hendak membeli ponsel dari situs jual beli online di luar negeri. Usahakan untuk menggunakan kartu VISA, Mastercard, ataupun Paypal. Bila sudah mempunyai akun Paypal silahkan pergunakan untuk melakukan pembayaran di situs luar negeri tersebut. Namun bila belum memiliki akun Paypal bisa daftar sekarang juga dengan klik link berikut ini Daftar Paypal.

Baca Juga:

Daftar HP 1 Jutaan Terbaik 2020

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here