Baterai Elastis Dan Tipis, Seukuran Kartu ATM

0
71

Saat ini Panasonic memperkenalkan inovasi terbarunya pada perangkat baterai . Kali ini, perusahaan asal Jepang tersebut menggarap sebuah baterai lithium-ion (li-ion) pertama di dunia dengan ukuran sangat ramping, serta diklaim fleksibel–bisa dilipat hingga dibuat bengkok.

Temuan ini terbilang menarik, mengingat belum pernah ada baterai li-ion hadir dengan konsep yang begitu unik.
Meski tampil ringkih, Panasonic menjamin baterai li-ion generasi terbarunya itu memiliki daya yang besar.

Seperti yang dilansir laman Ubergizme, baterai tersebut dirancang menyerupai kartu ATM. Pengguna bahkan bisa membengkokkan kartu ini hingga sudut 25 derajat.

Ada tiga jenis ukuran baterai canggih, mulai dari yang paling kecil–sekecil kartu ATM–hingga yang paling besar seukuran kartu ID. Panasonic mengungkap, baterai ini kelak dapat digunakan pada perangkat elektronik dengan fisik tipis dan ringan.

Saking rampingnya, baterai tersebut memiliki ketipisan 0.55mm. Karena itu, Panasonic berharap para vendor perangkat pintar seperti smartwatch, fitness tracker, smart glasses, smart clothing dan lainnya dapat memanfaatkan baterai ini ke perangkat-perangkat terbarunya yang berbodi tipis.

Panasonic belum membeberkan kapan baterai tersebut mulai dijual ke pasaran. Yang pasti, mereka telah bermitra dengan Samsung sebagai
supplier baterai terbaru pada seri smartphone terbarunya yang bisa ditekuk.

Samsung sendiri dikabarkan akan meluncurkan dua seri
smartphone fleksibelnya pada 2017.
Menurut laporan Bloomberg, smartphone tersebut memiliki kode nama “Project Valley”. Layar smartphone fleksibel sebenarnya telah ada, tapi hingga kini belum digunakan di perangkat
mainstream.

Tinggalkan Balasan