Inilah Tahapan Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

0
67
aplikasi keluarga sehat

Kali ini kami akan memberikan informasi seputar aplikasi keluarga sehat. Semua orang tentu menginginkan kondisi sehat setiap saat. Kondisi sehat tersebut bisa berupa sehat secara jasmani maupun juga rohani. Kedua hal ini tidak bisa terpisahkan dan harus sama-sama dimiliki agar supaya kondisi tubuh tetap normal sehingga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dan di dalam mendukung sebuah program kesehatan yang dinamakan Program Indonesia Sehat, maka dalam hal ini Pusdatin telah membut sebuah inovasi baru. Pusat Data dan Informasi atau  Pusdatins udah meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Keluarga Sehat. Sebenarnya, aplikasi ini merupakan perubahan dari aplikasi yang sebelumnya dikeluarkan di tahun 2015. 

Aplikasi yang bernama Prokesga sudah menjadi sebuah aplikasi yang cukup bermanfaat sebelum digantikan oleh aplikasi keluarga sehat pada tahun 2016. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan aplikasi keluarga sehat ini.

Aplikasi Keluarga Sehat Pusdatin

1. Apa itu aplikasi keluarga sehat?

aplikasi keluarga sehat
Data Rumah Tangga>tambah anggota keluarga.

Mungkin banyak yang masih belum tahu mengenai definisi atau fungsi dari aplikasi ini. Aplikasi keluarga sehat merupakan sebuah bentuk dukungan yang berasal dari teknologi informasi kepada pengambilan NIK dan KK dari Dukcapil (Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil). Selain itu, aplikasi ini nanti akan membuat nomor register data lapangan, analisis dan pengolahan data, maupun juga penyajian indikator keluarga sehat dengan berdasarkan akses terhadap KK.

Aplikasi ini berfungsi sebagai wadah untuk pendataan secara digital. Di dalam aplikasi keluarga sehat terdapat berbagai macam fitur input data dan nanti data tersebut akan muncul dalam bentuk grafik. Informasi yang muncul tersebut akan ditampilkan dalam bentuk tabel dan juga grafik.

2. Aplikasi keluarga sehat android

aplikasi keluarga sehat

Perlu anda tahu bahwa pada dasarnya aplikasi keluarga sehat terbagi menjadi dua, yakni versi web dan android. Untuk aplikasi yang berbasis web, nanti anda akan menemukan tiga modul. Modul tersebut antara lain dashboard, administrator, dan juga kuisioner. Fungsi dari dahsboard adalah digunakan sebagai penyaji terhadap output data yang sebelumnya sudah dilakukan pendataan. Pendataan tersebut dilakukan berdasarkan wilayah dan juga output data selisih dari hasil perhitungan data yang dilakukan di lapangan.

Untuk kuisioner, ia berfungsi sebagai input data yang dilakukan secara online. Sementara itu, fungsi yang dimiliki oleh administrator adalah sebagai pengaturan terhadap menu dan juga pengaturan terhadap pengguna.

Adapun untuk aplikasi yang versi android, nanti anda akan menemukan dua modul. Modul tersebut adalah kuisioner dan juga dashboard. Fungsi dari kuisioner adalah untuk memasukkan data lapangan, baik online mapun juga offline.

Sementara itu, untuk fungsi dari dashboard adalah digunakan sebagai penyaji output pendataan. Dashboard status pendataan tersebut akan berperan sebagai interface dimana nanti pengguna bisa melakukan review terhadap status pendaatannya di IKS.

3. Tahapan penggunaan aplikasi keluarga sehat

aplikasi keluarga sehat

Bagi anda yang hendak menggunakan aplikasi keluarga sehat, maka anda harus melakukan beberapa cara seperti apa yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Dinas Kesehatan kabupaten maupun juga kota akan melakukan inventarisasi daftar puskesmaan yang akan melakukan pendataan terhadap keluarga sehat. Setelah itu, Dinas Kesehatan mengumpulkan beberapa calon yang akan bertugas untuk mengelola aplikasi yang mana ia terdiri dari:
    • 1 orang yang bertindak sebagai supervisor atau kordinator yang bertugas mengumpulkan data di lapangan.
    • 1 orang yang bertuga sebagai administrator puskesmas 
    • 1 orang yang bertugas sebagai kepala puskesmas.
    • Suveyour yang berjumlah maksimal 10 orang. Jika ternyata lebih dari 10 orang, maka disarankan untuk mengajukan surat permohonan kembali ke Pusat Data dan Informasi kabupaten atau kota yang nanti harus disertakan penjelasan mengapa membutuhkan tambahan anggota.
  • Setelah itu, Dinas Keshatan akan mengirimkan surat permohonan resmi yang di dalamnya terlampir daftar nama-nama orang yang akan bertugas sebagai pengelola yang mana surat tersebut juga dilengkapi dengan keterangan:
    • Nama dan kode dari Puskesmas
    • Jabatan
    • Nomor HP
    • Nama lengkap dan juga NIK dari supervisor, kepala Puskesmas dan juga administrator.
    • Alamat dan E-mail.
  • Kemudian, data yang di dalamnya berisi tentang calon pengelola akan dikirimkan menuju Kementrian Kesehatan. 
  • Data yang sudah diterima oleh Pusdatin akan diverifikasi mengenai kelengkapannya sebelum nanti data tersebut akan dibuatkan akun. Akun tersebut berupa 1 akun dinas kesehatan provinsi, 1 akun dinas kesehatan kota/kabupaten, dan juga 1 akun administrator yang juga dilengkapi dengan panduan aktivasi akun.
  • Akun yang sudah dibuat akan kembali dikirimkan ke Dinas kesehatan kabupaten atau kota.
  • Setelah diterima, maka akun tersebut akan langsung didistribusikan ke masing-masing puskesmas agar nanti dapat langsung dilakukan aktivasi akun.

4. Download aplikasi keluarga sehat android

aplikasi keluarga sehat

Setelah memahami tentang seperti apa pengertian dan bagaimana cara registrasi aplikasi keluarga sehat, maka anda juga harus tahu bagaimana cara mengunduhnya. Saat ini, aplikasi keluarga sehat sudah tersedia di Play Store bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi ini. Tentu hal ini menjadi sebuah kabar gembira dimana anda tidak harus selalu masuk ke web ketika ingin membuka aplikasi tersebut.

Sekedar informasi bahwa Play Store memang merupakan sebuah toko aplikasi dengan berbagai macam aplikasi di dalamnya. Ada aplikasi edit foto, video, sampai dengan aplikasi keluarga sehat. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, maka anda tinggal masuk ke Play Store di hp android anda.

Kemudian, anda tinggal mengetik nama aplikasi ini di kolom search yang sudah disediakan. Setelah itu, anda tunggu sampai muncul aplikasi yang anda cari. Langkah selanjutnya, anda tinggal mengunduhnya dan tunggulah sampai proses pengunduhan selesai. Aplikasi tersebut akan secara otomatis terinstall dan tinggal anda masuk ke aplikasi keluarga sehat tersebut.

Tinggalkan Balasan